Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Keberadaanmu Dianggap Tidak Penting

Fimela.com, Jakarta Rasa sedih, kesal, dan kecewa dapat kita rasakan saat keberadaan kita tidak dianggap penting oleh orang di sekitar kita. Baik dalam lingkungan pekerjaan hingga dalam ragam ikatan hubungan, saat kita tidak dipedulikan oleh orang di sekitar kita biasanya kita akan merasa rendah diri dan makin tidak bersemangat untuk menjalani hari.

Walau tidak mudah, tetapi kita tetap perlu berupaya untuk tetap tegar menghadapi situasi ini. Kita tak bisa selalu mengatur respons orang lain dalam menyikapi atau menanggapi keberadaan kita, tetapi kita bisa berupaya untuk menyesuaikan diri lagi dengan lebih baik di setiap situasi yang ada.

 

1. Bentuk Ketertarikan terhadap Diri Sendiri

Saat keberadaan kita tidak dipedulikan oleh orang lain biasanya kita akan merasa tidak layak untuk dicintai. Di situasi seperti ini kita bisa makin merasa terpuruk. Salah satu cara untuk bangkit dari keterpurukan ini bisa dimulai dengan membentuk ketertarikan terhadap diri sendiri. Mengutip buku How to Respect Myself, caranya bisa dengan mengambil secarik kertas lalu tuliskan kelebihan dan kekurangan diri. Kenali diri lebih dalam lagi dan bangun ketertarikan terhadap diri sendiri untuk bisa merasa lebih layak untuk dicintai.

2. Jalani Rutinitas yang Produktif

Biarlah orang lain tak mempedulikanmu. Yang lebih penting di sini adalah dirimu sendiri masih peduli dan sangat menghargai dirimu sendiri. Jadi, tetaplah jalani rutinitas yang produktif. Sesulit atau serumit apa pun keadaan yang ada, jangan lupa untuk mengisi hari dan waktumu dengan hal-hal yang bermanfaat.

 

3. Miliki Panutan atau Role Model

Punya sosok yang sangat kamu kagumi? Punya seseorang yang bisa kamu jadikan panutan? Keberadaan seseorang yang bisa jadi panutan bisa membuatmu tetap bersemangat melakukan hal-hal yang bermanfaat dan baik untuk dirimu sendiri. Orang yang tak menghargai keberadaanmu bisa jadi belum mengenalmu dengan baik, jadi tak perlu buang-buang energi memikirkannya. Fokus saja menjalani hidup yang kamu sukai dan berjuang mencapai impian atau target yang dimiliki.

4. Tekuni Hal yang Disukai

Punya hal yang disukai atau digemari? Coba tetap tekuni dengan sepenuh hati. Alihkan energimu untuk melakukan hal yang kamu sukai, alih-alih tenggelam dalam rasa sedih karena tidak dihargai oleh orang lain. Selama kamu bisa menekuni hal yang kamu sukai dan bisa menemukan kebahagiaan di dalamnya, kamu akan merasa baik-baik saja.

 

 

5. Buat Pencapaian Sendiri

Buat pencapaianmu sendiri. Torehkan prestasi atau keberhasilanmu sendiri. Tak perlu menghabiskan banyak tenaga meladeni orang yang tidak menghargai keberadaanmu. Sibukkan diri dengan hal-hal yang lebih penting dan bermakna untuk membuat pencapaianmu sendiri.

Semoga kamu bisa tetap menjalani hidupmu dengan baik, ya. Terima kasih sudah bertahan dan bisa berjuang hingga sampai ke titik ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading