Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Nasi Cepat Bau di Magic Com dan Solusi yang Perlu Kamu Lakukan

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami bau aneh yang berasal dari dapur? Setelah memasak terkadang kita akan menemukan beberapa sisa makanan. Terkadang bau aneh yang berasal dari dapur dapat disebabkan oleh beberapa hal yang membuat kita tak nyaman.

Pernahkah kamu berfikir bahwa bau tak sedap di hasilkan dari nasi yang di masak menggunakan magic com? Magic com merupakan salah satu alat untuk memasak nasi dan membuatnya menjadi sempurna, selain itu penggunaan magic com dapat menghemat waktu.

Meskipun kita tak perlu memperhatikan nasi yang akan dimasak di magic com terkadang hal ini justru dapat menimbulkan masalah, seperti bau yang tak sedap. Bau yang tak sedap pada nasi tentu akan membuat kita tak nyaman saat makan, berikut beberapa penyebab nasi cepat bau di magic com yang perlu kamu tahu:

1. Pembersihan yang Tidak Benar

Jika alat yang kamu gunakan mengeluarkan bau aneh, kemungkinan besar akan meninggalkan beberapa butir diantara komponennya. Beras dan beberapa bahan organic terkadang akan memburuk dan membusuk dalam beberapa waktu jika tidak segera digunakan, ketika kamu meninggalkan beberapa jumlah nasi yang sudah di dalam penanak nasi maka akan menimbulkan bau yang tak sedap.

Solusi : Pastikan untuk membongkar peralatan dan lakukan pembersihan, jangan lupa untuk menggosok pada setiap sisa makan dan sudut penanak nasi.

2. Mencuci Beras yang Tak Bersih

Tentu kita tahu bahwa mencuci beras tak boleh terlalu lama dan sering, ada beberapa kali yang dapat kamu lakukan untuk mencuci beras agar tetap bersih dan tidak kehilangan nutrisi. Salah satu penyebab dari nasi yang bau adalah akumulasi pati, ketika kita tidak membersihkan beras atau magic com dengan benar maka dapat membuat nasi menjadi cepat bau.

Solusi : Untuk mengatasi hal ini kamu hanya perlu mencuci beras secara menyeluruh.

3. Tidak Membiarkannya Kering

Seperti panci, wajan, dan peralatan dapur lainnya ternyata magic com juga perlu dibiarkan kering dengar benar setelah digunakan. Hal ini ternyata dapat mencegah hilangnya pembentukan jamur, selain itu masalah satu ini mungkin dapat disebabkan karena kamu memasang alat magic com yang masih lembab.

Solusi : Jika kamu akan memasak nasi menggunakan magic com ada baiknya untuk menggunakan lap piring dan bersihkan sisa air dari peralatan agar tidak lembab dan menjadi kering.

4. Penggunaan Cuka

Mungkin kamu pernah mendengar cara membersihkan penanak nasi menggunakan air dan cuka? Metode satu ini mungkin sudah jarang digunakan oleh beberapa orang meskipun metode pembersihan satu ini kerap berhasil. Cuka yang sudah tua atau kadaluwarsa terkadang akan menjadi basi dan mulai bau seperti asam dan sangat pekat, penggunaan cuka yang sudah tua tentu akan membuat nasi menjadi lebih cepat bau.

Solusi : Periksa cuka sebelum kamu menggunakannya untuk membersihkan magic com, jika baunya terlalu kuat atau pekat hindari penggunaan tersebut.

5. Terlalu Panas

Coba sekarang rasakan bau yang berasal dari nasi di magic com, apakah baunya seperti plastic yang terbakar? Jika magic com yang berbau seperti barang elektronik atau plastic yang terbakar, mungkin menandakan adanya sesuatu yang terlalu panas didalamnya. Selain itu masalah satu ini berkaitan dengan adanya komponen alat yang rusak.

Solusi : Masalah satu ini dibutuhkan seorang teknisi untuk membereskannya, selain itu kamu perlu mencabut steker magic com dan biarkannya hingga dingin.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan nasi menjadi lebih cepat bau jika kamu membiarkannya di dalam magic com terlalu lama, masalah satu ini mungkin sering disepelekan. Tetapi, ada baiknya jika saat menggunakan magic com perhatikan penggunaan yang tepat dan membersihkan beras sampai bersih. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading