Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Perempuan Kuat yang Mudah Beradaptasi dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta Hidup terus berputar. Waktu terus berjalan. Dalam perjalanan hidup, kita akan dihadapkan pada banyak perubahan. Bahkan perubahan demi perubahan akan terus hadir silih berganti seiring bertambahnya usia kita.

Memiliki kemampuan yang mudah beradaptasi hadapi berbagai perubahan sangatlah penting. Untuk bisa bertahan di dunia yang sangat dinamis dan bergerak sangat cepat ini, kita perlu memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Bisa jadi selama ini kita sudah memiliki bekal untuk bisa beradaptasi di berbagai situasi dengan baik, dan yang perlu kita lakukan adalah lebih peka dan terus mengasahnya. Umumnya, seseorang yang memiliki lima hal ini punya kemampuan beradaptasi dengan baik dalam menghadapi berbagai perubahan dalam hidup.

 

1. Memahami Makna Ada Banyak Jalan Menuju Roma

Ada banyak jalan menuju Roma. Kita akan makin memahami arti dan maknanya seiring bertambahnya usia kita. Bahwa untuk mencapai sesuatu atau menyelesaikan sebuah persoalan, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Saat sebuah cara gagal, masih ada cara lain yang bisa dicoba. Sehingga kita tidak gampang terpuruk ketika menghadapi perubahan atau hal yang terjadi di luar ekspektasi.

2. Menganggap Masalah Hidup sebagai Ruang untuk Bertumbuh

Mengutip buku Your Turn: How to be An Adult, "Adulting is prepertual trial and error, all of which contributes to your growth." Menjadi dewasa artinya kita harus siap menghadapi ragam uji coba yang terus menerus. Semua usaha dan upaya yang kita lakukan, walau hasilnya tak selalu sempurna berkontribusi dan berdampak pada proses kita untuk terus bertumbuh. Saat kita bisa memandang setiap masalah, ujian, dan cobaan hidup kita sebagai ruang untuk bertumbuh, maka kita bisa lebih mudah beradaptasi terhadap berbagai hal yang hadir di hidup ini.

3. Mengupayakan Diri untuk Terus Belajar

Belajar adalah proses yang tanpa henti dalam hidup. Bahkan makin banyak hal yang dipelajari, makin banyak hal yang perlu digali lagi. Ketika kita senantiasa membuka diri untuk belajar hal-hal baru, maka kita bisa punya bekal yang cukup untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan yang hadir dalam hidup.

4. Menerima Kegagalan sebagai Bagian dari Hidup

Rasa takut gagal kadang membuat kita sulit berkembang. Bahkan membuat kita sulit menerima perubahan dan berbagai perbedaan yang hadir dari waktu ke waktu. Maka, ketika kita sudah bisa menerima kegagalan sebagai bagian dari perjalanan hidup, kita bisa lebih siap untuk beradaptasi dengan perubahan apa pun yang hadir dalam perjalanan kita.

 

 

5. Menerima Ketidaksempurnaan dengan Lebih Terbuka

Kadang kita sulit beradaptasi hadapi perubahan karena mengharapkan kesempurnaan. Padahal menerima ketidaksempurnaan bisa membuat kita lebih fleksibel untuk bisa bertahan di masa-masa sulit. Bahkan ketidaksempurnaan menjadi pendorong semangat kita untuk senantiasa membuat perbaikan-perbaikan baru dalam hidup.

Untuk setiap perubahan yang hadir dalam hidup, semoga kita bisa senantiasa beradaptasi dengan baik, ya. Terima kasih sudah menjadi perempuan yang kuat dan tegar hingga sampai ke titik ini.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading