Sukses

Lifestyle

6 Tips Mengatur Keuangan dengan Gaji Pas-pasan

Fimela.com, Jakarta Melihat kebutuhan pokok semakin melambung naik, tentu membuat kita harus memutar otak untuk membelanjakan sebagian pendapatkan kita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengatur keuangan sangat penting dalam kelangsungan hidup kita. Tentunya, kamu perlu memperhatikan jumlah pengeluaran dan pemasukan yang kamu miliki. Jangan sampai, pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. 

Kamu perlu mengetahui kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder. Karena tidak semua kebutuhan perlu dipenuhi saat itu juga. Nah, bagi kamu yang memiliki gaji pas-pasan, tentu harus memutar otak lebih keras untuk membelanjakan uang tersebut. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan untuk kamu yang bergai pas-pasan? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

 

1. Ingatlah Masalah Keuangan Perlu Ditangani

Akui bahwa hidup dengan cara ini adalah masalah dan perlu ditangani. Ini adalah langkah pertama untuk membuat perubahan pada masa depan finansialmu. Mungkin saja kamu membelanjakan lebih dari yang kamu hasilam untuk kemewahan, hiburan dan biaya tak terduga.

2. Pahami Situasi Keuanganmu

Pahami situasi keuanganmu saat ini dan pelajari cara mengelolanya sedemikian rupa sehingga kamu dapat membayar tagihan tepat waktu dan bersiap untuk perubahan keuangan di masa depan.

3. Periksa Laporan Rekening Bank

Lihatlah untuk apa kamu menghabiskan uang. Begitu banyak orang tidak tahu berapa banyak mereka menghabiskan semua uang mereka. Cari tahu jumlah yang kamu belanjakan untuk bahan makanan, hiburan, belanja, atau kebutuhan bulanan. Kamu bahkan mungkin mendapati bahwa dirimu membayar untuk hal-hal yang bahkan tidak kamu gunakan lagi seperti langganan dan keanggotaan gym.

4. Berhenti Berbelanja Berlebihan

Sampai kamu memahami apa situasi keuanganmu saat ini, belanja yang tidak direncanakan bukanlah sesuatu yang kamu mampu lakukan. Bahkan jika ada uang tersisa di rekening, uang ini mungkin diperlukan untuk membayar pengeluaran yang lebih jarang seperti pendaftaran mobil, asuransi tahunan, servis dan penggantian alat.

5. Memiliki Tujuan

Ketahui apa yang penting bagimu dan mengapa. Ini akan membantumu tetap pada rencana bahkan ketika kamu tergoda untuk menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan.

6. Memiliki Rencana Pengeluaran Rutin

Miliki rencana pengeluaran rutin mingguan, pengeluaran tidak teratur serta pengeluaran tak terduga di masa depan. Hidup tidak dapat diprediksi sehingga menyisihkan sejumlah uang untuk kemungkinan kehilangan pekerjaan, penyakit, atau acara keluarga membantu membuat masa-masa sulit ini tidak terlalu menyakitkan.

Selain beberapa hal di atas, tentu kamu perlu membuat anggaran yang jelas untuk pengeluaranmu ya, Sahabat Fimela. 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading