Sukses

Lifestyle

How To: Langkah-Langkah Menghadapi Pelecehan Seksual di Kereta

Fimela.com, Jakarta Kasus pelecehan seksual di Kereta Argo Lawu jurusan Solo-Jakarta kini sedang heboh diperbincangkan. Seorang penumpang mengunggah kisah pelecehan seksual yang dialaminya selama perjalanan tersebut.

Kejadian pelecehan seksual direkam oleh korban yang menunjukkan pelaku perlahan-lahan menyentuh bagian tubuh korban. Padahal korban sudah menegur pelaku namun dihiraukan.

"Itu dia berulang kali kyk begitu, ku videoin juga. Sudah ku tegur tapi masih ttp dilakukan. Tapi aku sudah pindah kursi ya. Alhamdulillah sudah aman. Thanks to Bapak Kondektur Argo Lawu Mr Wisnu Dwi P. Rasa campur aduk eh, panik, panas dingin, takut, gabisa gerak," tulis korban yang merupakan pemilik akun @selasarabu.

Pihak KAI sendiri sudah bertindak dengan memberikan sanksi kepada pelaku. Di mana pelaku tidak diizinkan untuk menggunakan layanan kereta KAI seumur hidup.

Cara menghadapi pelaku pelecehan seksual

Dari kisah yang dialami, kita diingatkan kembali bahwa pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana menghadapi pelaku pelecehan seksual yang kini semakin nekat dan tidak kenal takut.

Dalam tweet yang sama, secara tidak langsung korban berbagi tips saat menghadapi pelaku pelecehan seksual.

1. Tegur dengan sopan

Jangan ragu untuk menegur pelaku pelecehan seksual, terutama jika terjadi di tempat umum. Kamu berhak untuk bersikap tegas atas tubuhmu sendiri. Apalagi jika disentuh dengan orang yang tidak dikenal.

2. Hubungi kondektur yang bertugas

Dalam thread tweet yang sama, korban bercerita dirinya langsung menghubungi kondektur yang bertugas di kereta tersebut. Perlu diketahui setiap gerbong kereta perjalanan jauh, tercantum nama beserta nomor telepon kondektur yang bisa dihubungi. Biasanya nama dan nomor kondektur tersebut terletak di bagian depan gerbong.

Ketika mendapat tindak pelecehan seksual, jangan ragu untuk segera menghubungi petugas yang ada di dalam gerbong kereta. Berdasarkan pengalaman akun Twitter @selasarabu, kondektur yang saat itu bertugas cukup responsif sehingga korban dipindahkan tempat duduknya.

3. Laporkan ke pihak yang berwenang

Selain lapor ke kondektur, kamu bisa mengirim pesan ke PT KAI melalui media sosialnya. Kamu bisa menyampaikan keluhan yang kamu alami agar sang pelaku bisa jera.

Dalam kasus yang dialami oleh @selasarabu, dirinya justru yang dihubungi oleh pihak KAI melalui Instagram. PT KAI menyebut pihaknya akan menindaklanjuti kasus ini dengan kondusif.

What's On Fimela
Loading