Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Diri dan Meredakan Rasa Cemas Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Saat sedang punya banyak masalah atau dilanda berbagai persoalan, kadang kita bisa dilanda rasa cemas berlebihan. Di sini kita pun perlu melakukan sejumlah upaya untuk bantu tenangkan diri. Agar hati kembali tenang, ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba.

Tentu saja butuh waktu dan proses sendiri untuk bisa menenangkan hati kembali. Namun, sekecil apa pun upaya yang kita lakukan, itu nantinya pasti akan memberi pengaruh positif ke suasana hati dan kondisi pikiran kita.

 

 

1. Apresiasi Diri Sendiri Lebih Dulu

Sebelum makin keras menghukum diri sendiri atau menyalahkan banyak hal atas rasa cemas yang dirasakan, cobalah untuk berterima kasih pada diri sendiri. Berterima kasih pada diri yang memilih untuk bertahan dan berjuang. Walau keadaan saat ini masih terasa rumit dan sulit dipahami dengan baik, masih memilih untuk bertahan melakukan yang terbaik sudah menjadi sebentuk keberanian yang luar biasa dari dirimu.

 

 

2. Luangkan Waktu untuk Istirahat

Kalau ujian hidup yang dihadapi begitu rumit dan berat, ada kalanya kita perlu beristirahat dan rehat sejenak. Ketika merasa stres dan kewalahan dengan masalah yang datang silih berganti, kita perlu waktu untuk menenangkan diri selama beberapa saat. Saat hati sudah tenang dan pikiran kembali jernih, maka kita bisa lebih kuat menghadapi apa pun kesulitan hidup yang menyambut kita.

 

 

3. Ciptakan Standar Kebahagiaan Sendiri

Buat standar kebahagiaan sendiri. Tak perlu gusar dengan pencapaian dan standar kebahagiaan orang lain. Tak usaha membuang terlalu banyak waktu dan energi untuk membandingkan diri dengan orang lain. Hidup ini bakal menghadirkan lebih banyak perubahan dan pengalaman berbeda, jadi fokus saja dengan hal-hal terbaik yang bisa diupayakan untuk hidup lebih bahagia.

 

 

 

 

4. Fokuskan Perhatian pada Hal yang Menenangkan

Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Misalnya, menatap awan di langit atau melamun di balik jendela saat naik kendaraan umum. Saat memandangi sesuatu lamat-lamat dan membiarkan pikiran rileks, hati dan perasaan bisa lebih tenang dengan sendirinya. Kita akan menemukan kedamaian dan menyadari bahwa dunia masih memiliki kedamaian.

5. Terima Kenyataan yang Tak Bisa Diubah

Kadang kita perlu menerima realitas yang terpahit agar kita bisa menjalani hidup dengan kesadaran yang lebih penuh. Sebab lari dari kenyataan hanya akan membuat kita makin terpuruk dalam hal-hal semu. Untuk bisa kembali tenang, kita perlu meletakkan hal-hal yang tak semestinya terus kita pikul lagi. Kita manusia, ada keterbatasan yang perlu kita terima apa adanya.

Semoga ke depannya kita bisa lebih baik dalam mengondisikan hati dan pikiran agar tidak gampang cemas, ya. Semoga info di atas bermanfaat, Sahabat Fimela.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading