Sukses

Lifestyle

5 Bukti Ada Kebahagiaan dalam Jalan Hidup Pilihanmu

Fimela.com, Jakarta Hidup untuk selalu memenuhi ekspektasi semua orang itu melelahkan. Terus menerus membandingkan hidup sendiri dengan orang lain juga membuat kita makin tak tenang. Ada kalanya kita hanya perlu mengikuti jalan atau pilihan hidup yang kita ambil sendiri.

Pilihan hidup kita bisa jadi berbeda dari orang-orang di sekitar kita. Bahkan pilihan yang terlihat tak biasa di mata orang lain akan membuat kita dipandang dengan cara yang cukup menyudutkan. Namun, kita bisa saja tetap bahagia menjalani pilihan hidup kita sendiri. Ada sejumlah tanda umum yang bisa menghadirkan harapan bahwa ada kebahagiaan dalam pilihan hidup yang kita ambil.

 

1. Bisa Fokus Menekuni Sesuatu

Ada bidang tertentu yang sedang ditekuni. Bahkan selalu ada semangat yang hadir tiap kali menekuni hal tersebut. Saat kita masih bisa fokus menekuni sesuatu, kita bisa menemukan kebahagiaan kita. Mengutip buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah, semakin bahagia dirimu saat ini, dan semakin fokus dirimu dalam melakukan sesuatu, semakin sedikit pula penyesalan masa lalu yang kau miliki dan semakin sedikit pula kekhawatiran masa depan. Ketika pilihan hidup ini bisa membuat kita senantiasa giat menekuni sesuatu, maka kebahagiaan bisa kita dapatkan.

2. Tidak Galau Melihat Pencapaian Orang Lain

Kita punya pilihan hidup kita sendiri, maka kita juga punya standar kebahagiaan sendiri. Saat ada orang lain bahagia atau berhasil mencapai sesuatu, kita tidak merasa ciut atau galau. Kita ikut bahagia untuk itu. Sementara itu, kita tetap fokus membuat pencapaian kita sendiri karena kita punya makna dan nilai-nilai positif yang kita pegang dalam hidup ini.

 

3. Punya Rutinitas yang Dinikmati

"Segi positif dari kegiatan rutin adalah bahwa kita dapat mengubah suasana hati hanya dengan melakukan hal-hal yang sudah biasa kita lakukan. Kegiatan rutin berfungsi sebagai penyetel," tulis Fumio Sasaki dalam Hello, Habits. Meski pilihan hidup kita dianggap tak biasa bagi orang lain, tapi selama kita masih bisa memiliki rutinitas yang membuat kita nyaman menjalani hari dan menghabiskan waktu, maka kita bisa bahagia dengan cara kita sendiri. Memanfaatkan waktu dengan hal-hal produktif bisa memberi kepuasan batin sendiri.

4. Berani Menghadapi Masalah

Tidak pernah kabur atau lari dari masalah. Setiap ujian hidup, tantangan baru, dan masalah yang hadir terkait pilihan hidup yang diambil kita hadapi dengan semampu kita. Memang kita belum bisa selalu menyelesaikan dan mengatasi setiap persoalan dengan sempurna, tetapi selama kita punya keberanian untuk menyambut berbagai hal tak terduga dan kejutan hidup, maka kita tidak akan gampang cemas.

 

 

5. Bisa Mengapresiasi Hal-Hal Sederhana

Hari-hari dilalui dengan senantiasa bersyukur. Hal-hal kecil dan sepele pun selalu disyukuri. Memilih jalan berbeda atau membuat pilihan hidup yang tak biasa memang bisa membuat kita mengalami banyak tantangan hidup. Namun, selama kita masih bisa melihat sisi baik dari segala sesuatu, maka kita bisa bahagia dengan cara yang menyenangkan.

Apa pun pilihan hidup yang kamu ambil, semoga kamu bisa senantiasa bahagia dan nyaman menjalani keseharian, ya. Terima kasih sudah bertahan dan melakukan segala hal yang terbaik hingga hari ini.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading