Sukses

Lifestyle

Cerita Para Public Figure Berbagi Konten dalam #SerunyaBelajar Ada di TikTok, Kampanye Edukasi yang Impactful

Fimela.com, Jakarta Selama ini proses belajar selalu dianggap sebagai kegiatan membosankan karena hanya mendengarkan guru yang menerangkan di kelas atau lewat buku. Kemampuan seseorang pun distandarisasi lewat nilai yang ada di atas kertas. Padahal, proses belajar seharusnya menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa dinikmati sesuai dengan passion masing-masing. Selain itu, bakat dan kemampuan setiap orang juga berbeda sehingga standar nilai dianggap sebagai hal yang kurang sesuai.

Seiring dengan perkembangan dunia digital, terjadi pergeseran kegiatan belajar yang ternyata bisa dilakukan lewat berbagai media, termasuk memanfaatkan platform digital seperti TikTok. Hal ini juga didukung oleh komunitas TikTok yang aktif membagikan konten edukasi dengan cara yang mudah dimengerti. Terbukti, banyak kreator kreatif yang membagikan konten mulai dari rumus matematika, resep masakan, tips belajar bahasa asing, tips bisnis, hingga personal development.

Cinta Laura Kiehl, Tjokro W. atau yang dikenal sebagai Pak Win, hingga Vina Muliana menjadi sosok yang dikenal aktif membagikan konten edukasi di TikTok. Hal ini juga yang membuat TikTok menggandeng mereka dalam peluncuran kampanye edukasi terbaru #SerunyaBelajar Ada di TikTok yang berlangsung secara virtual pada Rabu (29/06/2022). Bagikan banyak inspirasi lewat konten yang dibuat, seperti apa sih cerita para public figure tersebut?

Kampanye Edukasi TikTok yang Impactful

Kevin Chandra (Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia) menjelaskan bahwa #SerunyaBelajar Ada di TikTok merupakan kampanye edukasi terbaru dari TikTok. Hal ini dilakukan seiring dengan perkembangan konten edukasi yang luar biasa di TikTok hingga menempati posisi Top 5 category.

Selain itu, kampanye tersebut merupakan lanjutan dari #SamaSamaBelajar yang sudah berlangsung sebelumnya dan menciptakan capaian fantastis yaitu 95 miliar views. Kampanye ini pun dilaksanakan sejalan dengan pembelajaran dengan media platform digital yang didorong oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Metode pembelajaran digital juga menjadi upaya Kemendikbudristek menciptakan lingkungan internet yang sehat sebagai media belajar.

“Perkembangan edukasi di TikTok ngga luput dari dukungan komunitas yang aktif berkreasi yang menjadikan TikTok tempat belajar yang menghibur. Fitur TikTok mempermudah orang untuk berbagi pengetahuan dan skill yang dikuasai. Bikin konten edukasi jadi lebih menarik dan mudah dicerna,” jelas Kevin.

Dalam rangkaiannya, kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok menghadirkan kolaborasi dari public figure dan kreator yang pastinya inspiratif banget. Selain menggandeng Cinta Laura sebagai TikTok Edu Ambassador, ada juga sederet public figure dan kreator lainnya.

#SerunyaBelajar Ada di TikTok dilaksanakan secara hybrid mulai tanggal 27 Juni hingga 10 Juli. Ada 3 kegiatan utama yang ada dalam kampanye tersebut. Dimulai dari Hashtag Challenge untuk semua pengguna TikTok di atas usia 18 tahun, selanjutnya ada TikTok Live Series dengan tema Serunya belajar Bangun Masa Depan pada 29 Juni – 7 Juli 2022.

Selain itu, ada juga acara yang digelar secara offline di MBloc Space yang akan diisi dengan Creative Edu Exhibition dan Networking Party yang berlangsung mulai 4-10 Juli 2022 terbuka untuk seluruh masyarakat, jadi bisa kamu nikmati secara gratis.

Nggak hanya itu saja, akan ada Networking Party yang berlangsung selama 2 hari secara hybrid, yaitu pada 9-10 Juli 2022. Bagi yang nggak sempat datang langsung ke lokasi, kamu juga tetap bisa menyaksikannya secara livestreaming di @tiktokofficialindonesia mulai dari jam 1 siang. Gelaran ini merupakan kelas mentorship bersama para key speakers ternama dan TikTok Educator Creator yang pastinya mengangkat tema menarik.

Hari pertama kamu akan disambut dengan kelas super master bersama Rachel Amanda dengan tema Spektrum Kepribadian Manusia di Dunia Hari Ini. Sesi selanjutnya menghadirkan kelas bersama Pak Win dengan tema Cerdas Memulai Bisnis dan Vina Muliana yang berbagi inspirasi dengan tema Mempersiapkan Karier dengan Cerdas. Terakhir ada kelas super master dari Anton Ismael tentang fotografi lewat tema menarik Melihat Ketidakteraturan Dunia Melalui Lensa.

Lanjut di hari kedua, opening session akan menghadirkan super master Merry Riana yang akan berbagi inspirasi tentang Berbahagia dengan Kreativitas yang Tepat untuk Dunia. Kreator lain juga akan mengisi kelas selanjutnya, yaitu @urrofi_ yang akan berbagi dengan tema Menyambut Era Baru Audio Visual dan Erika Richardo yang mengisi kelas Berekspresi Melalui Lukisan. Terakhir, super master Garin Nugroho akan berbagi insight baru lewat tema Berkembang dan Berbagi dengan Bercerita.

Cinta Laura Kiehl Tekankan Proses Belajar yang Terjadi Seumur Hidup

Sebagai salah satu selebriti yang concern dalam bidang pendidikan dan personal development, Cinta Laura Kiehl menganggap bahwa belajar adalah proses yang terjadi seumur hidup karena dunia terus berubah. Inilah yang membuatnya selalu tertarik dengan proses belajar.

Perkembangan dunia digital pun memberikan banyak opsi untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan. Salah satunya seperti TikTok yang menjadi gaya belajar baru yang lebih interaktif dan mudah dicerna.

“Dengan adanya platform digital seperti TikTok, kita bisa belajar dengan metode yang suitable buat mereka agar bisa mengaplikasikan apa yang dipelajari dalam kehidupan nyata. Nggak hanya public figure saja, tapi orang-orang biasa juga bikin konten dan itu yang membuat lebih related dengan kita. TikTok juga membuat proses belajar jadi nggak merasa terpaksa, tapi kita juga bisa memilih konten yang disukai,” lanjut Cinta Laura.

Ia juga berpandangan bahwa membuat konten yang edukatif dan impactful sangat penting untuk membantu mewujudkan generasi yang lebih maju di masa depan. Jadi, ia juga mendorong anak muda kreatif untuk nggak ragu berbagi konten edukasi.

“Sebagai creator di TikTok kita adalah sahabat para user. Dengan peran itu, orang-orang jadi lebih comfortable dan nyaman belajar. Be your authentic self, apalagi di kalangan GenZ itu penting karena mereka nggak suka sesuatu yang dibuat-buat. Jangan takut menjadi diri sendiri, gunakan keunggulan kalian karena perbedaan itu akan menjadi sesuatu yang indah,” ujarnya.

Sharing yang Membawa Impact Besar

Kreator dan Pemenang TikTok Awards 2020 kategori Best of Learning & Education, Tjokro W. atau yang biasa dikenal dengan sebutan Pak Win adalah salah satu sosok yang aktif berbagi tips seputar finansial dan bisnis. Bahasan yang berat tersebut berhasil dikemas dengan cara yang lebih menarik dan mudah dicerna. Ternyata, semua ini berawal dari kegemarannya sharing dengan orang lain.

“Sebelum jadi content creator saya suka sharing. Perusahaan saya sering mengadakan workshop ke universitas. Lalu saya mencoba jadi kreator dan impactnya lebih besar. Itu yang mendorong saya terus konsisten,” ceritanya.

Kehadiran kampanye ini jelas disambut dengan penuh antusias oleh kreator tersebut. Ia yakin bahwa kampanye ini akan mendapat respon yang luar biasa dari para kreator tanah air.

“Saya ingin apresiasi TikTok yang mengadakan kampanye edukasi ini. Saya yakin ini akan mendorong para kreator membuat konten edukatif dan positif. Saya juga berharap konten ini akan konsisten ada, nggak hanya saat kampanye saja. Bagi teman-teman yang akan join, tips dari saya jangan mengejar kesempurnaan. Kadang orang mau videonya harus dibuat bagus banget, tapi jadinya bikin 1 konten saja lama, atau malah jadi nggak post sama sekali,” ungkap Pak Win.

Konten Related yang Banyak Disukai

Vina Muliana, kreator yang berbagi konten karier dan pengembangan diri, sekaligus Pemenang TikTok Awards 2021 kategori Best of Learning & Education, membagikan pengalamannya bagaimana ia bisa membuat konten edukasi di TikTok. Awalnya, ia mengaku termotivasi oleh para milenial dan GenZ yang curhat tentang sulitnya mendapat pekerjaan di masa pandemi.

“Saat pandemi saya melihat banyak orang yang curhat karena susah mendapatkan pekerjaan. Berbekal pengalaman, saya membuat video tentang dunia kerja, cara melamar kerja, wawancara dan sebagainya. Dari situ video saya banyak diterima bahkan juga sering dapat DM yang isinya macem-macem dari curhatan sampai ucapan terima kasih. Dari situ saya makin termotivasi, ternyata bermodal HP, ring light dan TikTok saja dampaknya bisa sangat besar,” ungkap Vina.

Ia pun ikut mendorong anak muda lainnya membuat konten edukasi serupa untuk memberikan impact kepada para pengguna lainnya.

“Sejak 16 bulan perjalanan pertama saya dengan TikTok sampai sekarang, nggak pernah menyesal ya. Terima kasih TikTok atas upayanya memajukan pendidikan digital. Untuk teman-teman lain yang ingin join, pesan saya you have to let go the fear of judgement. Biasanya yang kita pikir belum tentu terjadi. Percaya saja dengan kemampuan diri. Sebagus apapun konten yang dibuat pasti akan ada yang nggak suka tapi nggak usah dipikir. Kalau konten kita bermanfaat pasti akan mendapatkan banyak dukungan,” lanjutnya.

Sekarang saatnya kamu juga ikutan bikin konten edukasi yang impactful bersama #SerunyaBelajar Ada di TikTok, Sahabat Fimela! Biar makin terinspirasi, pastikan nggak ketinggalan rangkaian acaranya yang diselenggarakan secara hybrid ya!

Temukan informasi selengkapnya dengan cek #SerunyaBelajar di aplikasi TikTok atau langsung saja klik di sini.

 

What's On Fimela
Loading