Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Diri saat Hati Terasa Hampa dan Kosong

Fimela.com, Jakarta Di titik tertentu dalam hidup, perasaan hampa atau kosong bisa menghampiri. Saat ini terjadi, kita bisa merasa sangat gelisah dan cemas. Bingung harus melakukan. Tak tahu langkah terbaik apa yang perlu diambil.

Sebelum kita memaksakan diri untuk melakukan hal yang belum kita yakini, kita bisa coba untuk tenangkan diri lebih dulu. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk membantu kita menemukan ketenangan dan kenyamanan di dalam diri kita.

 

1. Jangan Membenci Diri Sendiri

Perasaan hampa, melansir laman PsychCentral, biasanya mewujud dalam rasa kesepian, kebingungan soal hidupan dan tujuan, atau kurang motivasi untuk mencapai sesuai dalam hidup. Ketika merasa hampa, biasanya kita cenderung membenci diri sendiri. Membenci diri yang bingung karena tak tahu harus melakukan apa di situasi tersebut. Makin kita membenci diri sendiri, makin terjebak kita dalam rasa gelisah dan tak nyaman. Untuk itu, cobalah untuk memaafkan segalanya dan memaafkan diri sendiri lebih dulu saat ini.

2. Atasi Perkara yang Lebih Mudah

Rasa hampa bisa terjadi saat kita sedang merasakan banyak hal atau kewalahan menghadapi banyaknya perkara yang harus diselesaikan. Kita mungkin belum bisa menyelesaikan semuanya bersamaan, tapi kita bisa mencoba atasi perkara yang lebih mudah dulu. Selesaikan pekerjaan satu per satu sesuai dengan tenggat dan prioritas, maka kita tak akan merasa kewalahan lagi.

3. Terima Perbedaan Kehidupan

Makin kosong rasanya hati ini ketika kita makin terobsesi membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. Padahal kita perlu menerima perbedaan kehidupan sebab standar kebahagiaan masing-masing orang tidaklah sama. Ada orang lain yang lebih hebat dari kita, tidak apa-apa. Ada orang lain yang lebih kaya, lebih mempesona, dan lebih segalanya, tidak apa-apa. Itulah kehidupan. Kita perlu menerima realitas yang ada.

4. Apresiasi Diri Sendiri

Tak perlu mengasihani diri sendiri atas perasaan yang kini sedang dirasakan. Mengutip buku How to Respect Myself, orang-orang yang suka mengasihani diri sendiri biasanya memancing simpati orang lain. Rasa simpati dan iba pada diri sendiri adalah bentuk mengasihani diri sendiri. Mengasihani diri sendiri membuat kita makin merana. Cobalah untuk lebih mengapresiasi diri sendiri atas semua hal dan upaya yang sudah dilakukan dan dikerahkan dengan baik hingga saat ini.

 

 

5. Beri Waktu Rehat untuk Diri Sendiri

Daripada terus menerus menuntut dan menekan diri untuk bisa melakukan segalanya serba sempurna, tak apa sesekali mengambil jeda dan beristirahat sejenak. Istirahat dan menenangkan diri merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk bisa bertahan di masa sulit. Ketika merasa bingung harus melakukan apa dengan rasa hampa dan kosong di hati, bisa jadi yang sebenarnya kita butuhkan saat ini adalah waktu rehat untuk diri sendiri.

Terima kasih sudah berjuang dengan baik dan bertahan hingga sampai ke titik ini. Semoga ke depannya hari-hari kita akan lebih berwarna lagi.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading