Sukses

Lifestyle

5 Cara Punya Hidup yang Lebih Bahagia sebagai Perempuan Mandiri

Fimela.com, Jakarta Tidak selamanya kita bisa menunggu bantuan atau arahan orang lain untuk membuat kita bahagia. Tak harus menunggu keadaan untuk berubah agar kita bisa lebih bahagia. Kita pun bisa meraih hidup yang lebih bahagia sebagai perempuan mandiri.

Sebagai perempuan mandiri, kita terbiasa dan membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan dengan kemampuan sendiri. Bukan berarti kita egois dan tak butuh bantuan orang lain. Namun, kita menyadari bahwa hidup ini penuh perjuangan jadi kita perlu meningkatkan kemandirian agar bisa menghadapi dinamikan kehidupan yang ada. Ada sejumlah hal yang bisa kita upayakan lagi agar hidup lebih bahagia sebagai perempuan mandiri.

 

 

 

1. Rangkai Makna Hidupmu Sendiri

Mengutip buku Man's Search for Meaning, sebuah jajak pendapat publik dilaksanakan di Prancis beberapa tahun lalu menunjukkan bahwa 89 persen peserta mengakui bahwa manusia membutuhkan "sesuatu" agar dapat hidup. Selanjutnya, 61 persen mengakui bahwa mereka rela mati demi sesuatu atau seseorang. Kita bisa merangkai makna hidup kita sendiri untuk meraih kebahagiaan yang kita mau. Apa pun makna hidup yang kita punya, itu sudah bisa jadi pegangan yang cukup kuat untuk bertahan jalani hidup.

2. Menjalani Rutinitas yang Bisa Dinikmati

Menurut terapis kesehatan mental Jill Sylvester, LMHC, dalam bukunya Trust Your Intuition: 100 Ways to Transform Anxiety and Depression For Stronger Mental Health, mengungkapkan bahwa memiliki rutinitas yang dirancang sendiri akan membuatmu merasa lebih berguna dan berdaya. Punya rutinitas yang kita nikmati dan bisa memaksimalkan waktu dengan hal-hal yang produktif akan memudahkan kita untuk mendapatkan hidup yang menyenangkan.

3. Tingkatkan Kemampuan Beradaptasi

Tidak semua rencana bisa berjalan lancar. Tidak semua keinginan jadi kenyataan. Kita pun tak selalu bisa mengendalikan keadaan. Maka, agar tidak gampang stres kita bisa meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi. Mengutip buku How to Love, menyusun rencana agar bisa menjalankannya 100% adalah karakter perfeksionis. Agar kita tidak selalu tertekan ketika melakukan sesuatu, ada baiknya kita menurunkan sedikit target kita. Gulung rencana yang dirasa tidak akan tercapai, lalu buat gantinya.

4. Mensyukuri Hal-Hal yang Sudah Ada

Cobalah untuk lebih banyak bersyukur atas hal-hal yang sudah kamu punya dan miliki asat ini. Tak perlu terus membandingkan diri dengan orang lain. Tak perlu membandingkan yang kita punya dengan yang orang lain punya. Cukup syukuri semua yang sudah ada dan sudah kita punya saat ini. Agar kita juga bisa lebih termotivasi untuk jalani hidup kita dengan lebih baik lagi.

 

 

5. Lebih Terbuka Mencoba Hal-Hal Baru

Tak perlu menunggu orang lain untuk bisa mencoba hal baru. Mencoba hal baru memberi kesempatan bagi kita mendapatkan pengalaman baru. Selain itu, biasanya juga akan memberi kita kegagalan atau hal yang tak pernah kita duga sebelumnya. Mengalami hal yang tak terduga saat mencoba hal baru mungkin tak menyenangkan, tetapi ini akan memperkaya jiwa dan membuat kita makin bahagia. Kesempatan dan pengalaman baru akan membuat hidup lebih berwarna lagi.

Terima kasih sudah berjuang dan bertahan melakukan hal yang terbaik hingga saat ini, ya. Semoga ke depannya kamu bisa senantiasa mendapatkan hidup yang bermakna.

#WomenforWomen

Loading