Sukses

Lifestyle

5 Perubahan yang Paling Terasa saat Terbiasa Meluangkan Waktu Sendirian

Fimela.com, Jakarta Makin dewasa, makin kita menyadari bahwa kita butuh waktu untuk diri sendiri. Meluangkan waktu sendirian atau melakukan sesuatu untuk meningkatkan kenyamanan diri bisa hadirkan perubahan positif dalam hidup. Bahkan meluangkan waktu sendirian bisa jadi bagian penting untuk merawat diri jadi lebih baik lagi.

Bagi yang belum terbiasa meluangkan waktu sendirian, belumlah terlambat untuk mencobanya. Menikmati hobi sendiri atau merilekskan diri dengan menekuni sesuatu tanpa gangguan orang lain bisa bantu redakan stres. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan manfaat dan perubahan positif seperti berikut ini.

 

1. Stres Bisa Berkurang

Bisa melakukan hal dari diri sendiri untuk diri sendiri bisa bantu mengurangi rasa stres dan tertekan. Mengutip buku Happiness Inside, kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat sederhana, dan saking sederhananya sampai-sampai tidak banyak yang percaya. Untuk bahagia, kita perlu mencari dan menemukannya dari dalam. Pada dasarnya, semua perangkat kebahagiaan itu ada dan selalu ada dalam diri setiap manusia.

2. Rasa Kecewa Berkurang

Supaya tidak gampang merasa sedih atau marah saat orang lain membuat kita kecewa, maka kita perlu lebih dulu mencintai diri kita sendiri. Caranya? Salah satunya adalah berusaha nyaman dengan diri sendiri dan mau serta mampu melakukan banyak hal sendirian. Saat bergantung pada orang lain makin membuat kita kecewa, maka kita perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri agar bisa menemukan ketenangan di dalam hati.

3. Hati Terasa Lebih Bebas

Menyelesaikan sesuatu sendirian atau hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk mengerjakan sesuatu bisa jadi hal menyenangkan. Sebab kesempatan seperti ini justru bisa membuat kita merasa lebih bebas. Kita bisa menemukan kebebasan untuk diri sendiri dengan mengerjakan atau melakukan hal yang kita suka dan butuhkan. Ada kebebasan yang bisa kita raih dan nikmati, dan ini bisa jadi sumber kebahagiaan baru untuk hidup kita.

 

4. Kemandirian Meningkat

Tak perlu menunggu ajakan orang lain untuk bisa bepergian. Tak harus punya janji dengan orang lain untuk menonton film di bioskop atau sekadar menikmati waktu di kafe. Kemandirian pun bisa meningkat, dan ini bisa membuat kita jadi lebih nyaman melakukan lebih banyak hal sendirian.

5. Rasa Percaya Diri Bertambah

Tak lagi memikirkan opini negatif orang lain membuat kita bisa lebih nyaman dalam menjalani hidup kita sendiri. Kepercayaan diri kita bisa bertambah karena kita menyadari bahwa kita punya kemampuan untuk melakukan banyak hal dan meraih berbagai pengalaman baru dengan kemampuan yang kita punya. Selain itu, kita pun jadi makin menyayangi diri sendiri dan lebih mengapresiasi kehidupan yang kita punya.

Semoga kita bisa menjalani hidup dengan baik, ya. Meski tak semuanya berjalan sesuai keinginan, tapi upaya kita untuk tetap bertahan sudah menjadi pencapaian tersendiri yang luar biasa.

 

#WomenforWomen

Loading