Sukses

Lifestyle

Hukum Menyembelih Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha dan Niatnya

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar bagi semua umat Islam di seluruh dunia. Di hari ini, umat Islam melaksanakan ibadah salat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban. Menyembelih hewan kurban sebagai bentuk ibadah dan keikhlasan kepada Allah SWT atas segala limpahan rezeki yang diberikanNYA selama ini.

BACA JUGA: Tata Cara Qurban Beserta Niat Dan Doanya

Kapan Hari Raya Idul Adha?

Hari Raya Idul Adha jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Islam. Tahun ini sesuai keputusan dari sidang Isbad yang dilakukan pemerintah, Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2022. 

Hari Raya Idul Adha juga sebagai hari puncak bagi umat Islam yang menunaikan ibadah Haji. Bagi umat Islam yang mampu menunaikan ibadah Haji, wajib hukumnya menunaikan ibadah Haji di Bulan Dzulhijjah. Sedangkan untuk berkurban, bagi umat Islam yang mampu menunaikannya hukum berkurban adalah sunah muakad atau sunah yang dikuatkan.

Hukum Menyembelih Hewan Kurban

Karena hukum menyembelih hewan kurban di Hari Raya Idul Adha sunah muakad, maka umat Islam yang mampu sebaiknya menunaikan sunah ini setiap Idul Adha. Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan ibadah ini sejak disyariatkan hingga Nabi meninggal dunia.

Dalam Al-Quran Allah Berfirman, "Dan bagi setiap umat Kami berikan tuntunan berkurban agar kalian mengingat nama Allah atas rezeki yang dilimpahkan kepada kalian berupa hewan-hewan ternak (bahiimatul an’aam)." (QS. Al Hajj: 34).

Niat Menyembelih Hewan Kurban

Niat merupakan hal wajib yang perlu dilakukan seseorang sebelum melaksanakan sesuatu termasuk berkurban. Sama seperti syarat sah ibadah lain, ibadah kurban juga penting diawali dengan niat. Ini seperti hadis yang diriwatkan oleh Imam An-Nawawi, “Niat adalah syarat sah berkurban,” (Al-Majmu’ Syarh Muhadzab, 8/380).

Melansir dari laman liputan6.com, berikut niat untuk berkurban.

Nawaitu al-udhiyata bi syaatin lillahi ta’ala

Artinya: "Saya niat berkurban untuk diri sendiri karena Allah ta’ala.”

Selama kita memiliki niat dalam hati untuk berkurban di Idul Adha tahun ini dan ikhlas karena Allah, kurban yang dilakukan sudah sah. Hewan ternak yang bisa dijadikan hewan kurban antaranya kambing, sapi, kerbau dan unta. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha bagi yang merayakannya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading