Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah dan Terbukti Secara Ilmiah Agar Terlihat Lebih Cerdas dan Pintar

Fimela.com, Jakarta Pernahkan kamu mencoba menggunakan kata-kata yang membuat kamu terdengar lebih pintar? Kamu tidak sendiri. Para peneliti telah mendokumentasikan bagaimana orang mencoba tampil lebih pintar atau menggunakan kriteria untuk memutuskan apakah orang lain pintar. 

"Orang suka mengambil jalan pintar saat membentuk kesan terhadap orang lain. Kita cenderung membuat penilaian berdasarkan petunjuk yang mudah, tanpa berpikir terlalu banyak," ujar Bogdan Wojciszke, seorang profesor psikologi sosial di Polandia yang mempelajari bagaimana orang membentuk kesan terhadap orang lain.

Jadi, apakah kamu ingin terlihat lebih pintar dan cerdas? Berikut adalah tips dari studi dan para ahli yang didukung sains untuk terlihat lebih pintar dan cerdas;

1. Berkomunikasi dengan jelas

 

Profesor psikologi kognitif di University of California, Los Angeles Daniel Oppenheimer  menunjukkan bahwa penulis dianggap lebih pintar saat menulis hal yang mudah dipahami. Termasuk caranya mengasosiasikan kecerdasan dengan kejelasan ekspresi.

Hal itu membuktikan jika orang yang lebih pintar memang menggunakan kata-kata yang lebih panjang dalam tulisan mereka. Tetapi tujuan mereka adalah untuk menulis dengan jelas.

 

 

 

 

2. Jadilah ekspresif

Jika kamu pernah mendengar atau pernah bertemu secara langsung dengan orang-orang yang berbicara keras agar terdengar cerdas, nyatanya metode itu benar-benar berhasil. Pakar Komunikasi Leonard Mlodinow mengatakan jika dua pembicara mengucapkan kata-kata yang persis sama, tapi satu berbicara sedikit lebih cepat dan keras dengan jeda yang lebih sedikit, maka pembicara itu akan dinilai lebih energik, berpengetahuan luas, dan cerdas.

 

 

3. Memakai kacamata

Menurut sebuah survei dari College of Optometrists yang berbasis di Inggris, 43 persen orang berpikir bahwa kacamata membuat orang terlihat lebih pintar. Dan 40 persen orang menganggap memakai lensa bening agar tampak cerdas.

"Kacamata mudah terlihat dan memungkinkan kita mengambil kesimpulan instan tanpa usaha," ujar Wojciszke yang mengajar di Universitas Ilmu Sosial dan Humaniora di Sopot, Polandia.

 

 

Pakai makeup, tapi jangan berlebihan

Perempuan yang memakai riasan tepat memiliki efek positif pada kompetensi tetapi efek negatif pada kepercayaan. Sarah Vickery, seorang penulis studi dan ilmuwan Procter & Gamble mengatakan kepada New York Times bahwa kuncinya adalah memilih penampilan berdasarkan situasi. 

Memakai lipstik mengilap akan menunjukkan bahwa kamu orang yang bertanggung jawab. Tetapi jika menghadiri pertemuan di mana bertemu banyak orang untuk bekerja sama, pilihlah lipstik ringan hingga sedang dan tidak terlalu mengilap.

 

 

Senyumlah dengan tulus  

 

Orang yang senyumnya nampak tulus dengan kerutan di sekitar mata, dinilai lebih cerdas daripada orang yang senyumnya nampak palsu. Menurut sebuah penelitian di Journal of Nonverbal Behavior, tidak ada korelasi antara senyum dan kecerdasan, melainkan penilaian didorong oleh firasat.

"Jika orang menganggap orang lain menarik dan senyum mereka autentik cenderung meningkatkan daya tarik. Dan biasanya mereka cenderung memberikan kualitas baik lainnya seperti kecerdasan," ujar dosen psikologi eksperimental di University of Bristol Susanne Quadflieg.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading