Sukses

Lifestyle

5 Cara Tidak Gampang Merasa Muram saat Sendirian

Fimela.com, Jakarta Kesendirian bisa terasa menakutkan. Berhadapan dengan diri sendiri bisa terasa lebih sulit dan rumit daripada yang dibayangkan. Bahkan rasa kesepian kerap dikaitkan dengan kesendirian. Padahal tidak semua kesendirian selalu menghadirkan kesepian.

Rasa sedih, nelangsa, hingga muram kadang kita rasakan saat sendirian. Perasaan terasing bisa membuat kesendirian menjadi hal yang sangat tidak nyaman. Padahal kesendirian tidak selalu buruk. Tak harus selalu merasa muram atau sedih saat sendirian.

 

1. Kelola Waktu Sesuai Kenyamanan Diri

Mengutip buku Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian, ada saatnya ketika dihadapkan pada kesendirian, kita menyadari bahwa kita dan hanya kitalah yang pada akhirnya bertanggung jawab atas keberadaan diri kita. Kita diberi waktu untuk diisi dengan baik di hidup ini. Mengelolanya sesuai dengan kenyamanan sendiri bisa membuat kita menemukan kebahagiaan-kebahagiaan baru. Jadi, ini saatnya untuk membuat jadwal kegiatan dan rutinitas yang bisa kita lakukan sesuai kebutuhan dan keinginan sendiri.

2. Fokus pada Merawat Diri Sendiri

Tak usah makin sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Kurangi membuka media sosial hanya untuk melongok kehidupan orang lain lalu membuat perbandingan. Fokus saja merawat diri sendiri. Saat dihadapkan pada kesendirian, kita perlu mencurahkan waktu yang sedikit lebih banyak untuk diri sendiri.

3. Menulis Jurnal

Kesendirian bisa menghadirkan ruang dan kebebasan untuk menuangkan perasaan lewat jurnal. Mengutip buku How to Love, catatan berfungsi untuk merefleksikan, mengungkapkan, dan mengingatkan kembali pengalaman positif saat kita membacanya. Menulis jurnal terima kasih misalnya, kita bisa menuangkan semua rasa syukur atas segal hal yang ada. Menulis dan membacanya kembali akan menghadirkan rasa nyaman dan menghilangkan rasa muram.

 

4. Sadari bahwa Kesendirian Bagian dari Kehidupan

Ketika dihadapkan pada kesendirian, tak perlu menganggapnya sebagai hal yang mengancam atau menakutkan. Tiap orang pernah sendiri. Masing-masing individu pernah dihadapkan pada kesendirian. Bahkan kesendirian adalah bagian dari kehidupan, sebab pada dasarnya kita membutuhkan kesendirian untuk bisa kembali menguatkan diri menjalani keseharian.

5. Ciptakan Sesuatu

Membuat sesuatu atau menghasilkan karya bisa membuat kita menemukan kebahagiaan baru. Saat sendirian, kita punya banyak waktu yang melimpah untuk diri kita sendiri. Di sini, kita bisa memaksimalkan dan mengoptimalkannya dengan membuat sesuatu yang kita sukai. Sekadar membuat masakan kesukaan untuk dinikmati sendiri bisa membuat kita kembali tersenyum.

Ada saatnya kita memang butuh sendirian untuk bisa lebih menyayangi diri lagi. Jadi, fokus saja pada hal-hal baik yang bisa kita lakukan dalam mengisi kesendirian itu, ya.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading