Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Saat Ini Sudah Lebih Dewasa dari Sebelumnya

Fimela.com, Jakarta Kedewasaan tidak terbatas hanya pada pertambahan usia. Seseorang yang dewasa bisa diartikan seseorang yang sudah menyadari tanggung jawabnya dan punya kemampuan untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri serta beradaptasi dengan perubahan yang ada. Dari waktu ke waktu kita terus bertumbuh dan berproses menjadi orang yang dewasa.

Bisa jadi saat ini kita sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Saat ini bisa jadi kita sudah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari diri kita yang sebelumnya. Berikut ini lima tanda atau bukti yang dapat jadi sinyal positif bahwa diri kita yang saat ini sudah lebih dewasa.

 

 

 

 

1. Bisa Memetik Pelajaran dari Kesalahan

Setiap kesalahan jadi proses pembelajaran yang membentuk kita jadi pribadi yang lebih dewasa. Salah membuat pilihan atau keputusan dalam hidup tidak membuat kita menyesalinya terus menerus. Justru kita senantiasa untuk mengambil hikmah dan pelajaran penting dalam hidup kita. Hal-hal tak menyenangkan yang terjadi di masa lalu cukup kita ambil sisi positifnya saja.

2. Punya Kendali Emosi yang Lebih Baik

Makin dewasa kita makin menyadari pentingnya menerima dan mengelola emosi dengan baik. Mengutip buku How to Love, emosi itu seperti cuaca, selalu berubah dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, mengendalikan emosi mirip dengan cara kita merespons cuaca yang berubah-ubah. Seperti memakai payung saat hujan atau mengenakan baju yang lebih tebal saat cuaca dingin. Mengendalikan emosi secara dewasa adalah dengan menanggapinya secar tepat. Jadi, ketika kita merasakan emosi tertentu, kita tak langsung menghakimi atau menyalahkan hal-hal eksternal yang ada.

3. Bertanggung Jawab Atas Pilihan yang Diambil

Kita bebas membuat pilihan dalam hidup, tapi bukan berarti kita egois dan melakukan segala sesuatunya dengan sembarangan. Saat kita sudah berani membuat pilihan dan berani bertanggung jawab dengan semua risiko dan konsekuensi yang ada, maka kita sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Kita sudah tahu arah yang ingin kita tuju dalam hidup. Kita pun sudah tidak lagi lari dari semua konsekuensi.

 

4. Lebih Terbuka dengan Perubahan yang Ada

Jika saat ini kita sudah lebih tenan dan terbuka menghadapi perubahan, ini bisa jadi tanda bahwa kita sudah bisa lebih dewasa menjalani kenyataan yang ada. Kita tak banyak mengeluh atau komplain. Melainkan kita lebih fokus untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada.

5. Bisa Mengapresiasi Hal-Hal Sederhana

Saat kita sudah memilih untuk bertahan di situasi tersulit, itu sudah menjadi sebuah keberanian luar biasa. Sudah memilih untuk tetap berusaha dan bertahan hingga titik ini perlu diapresiasi. Selain itu, saat kita sudah bisa dan lebih sering mengapresiasi hal-hal baik yang ada di sekitar kita, maka kita sudah punya kepekaan untuk menjalani hidup dengan lebih kuat lagi.

Mari kita terus berproses untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, ya. Semoga ke depannya kita pun bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa dan kuat lagi.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading