Sukses

Lifestyle

5 Tips Menumbuhkan Kebahagiaan di Tempat Kerja Demi Produktivitas Meningkat

Fimela.com, Jakarta Lingkungan pekerjaan mungkin penuh dengan deadline yang ketat dan revisi yang nggak ada habisnya. Tapi, jangan lupa bahagia di tempat kerja karena itu sangat penting. Bisa dibayangkan dong jika kamu sendiri nggak nyaman dengan lingkungan kerja yang harus dihadapi setiap hari. Perasaan tertekan, stres, hingga Depresi bisa membuat konsentrasi saat bekerja terganggu.

Jadi, penting untuk membuat diri nyaman dan bahagia di tempat kerja demi menjaga produktivitas sehari-hari. Apa saja yang bisa dilakukan?

Pastikan Kamu Memang Menyukai Pekerjaan yang Dilakukan

Salah satu kunci penting bahagia di tempat kerja adalah memastikan bahwa kamu memang benar-benar menyukai pekerjaan saat ini. Gaji besar dan perusahaan yang prestisius bukanlah jaminan kebahagiaan jika memang tidak ada panggilan dari hati.

Bayangkan jika kamu harus bekerja di balik meja sepanjang hari, padahal kenyataannya kamu lebih menyukai pekerjaan di luar ruangan di mana kamu bisa bertemu dengan banyak orang. Jadi, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah refleksi diri, apakah kamu benar-benar menyukai pekerjaan saat ini?

Awali Hari dengan Mood Positif

Salah satu cara penting yang bisa membantu kamu merasa bahagia hari ini di kantor adalah awali hari dengan mood yang positif. Banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan berolahraga terlebih dahulu di pagi hari yang bisa meningkatkan produksi hormon bahagia sehingga kamu bisa pergi ke kantor dengan penuh semangat.

Cara lain yang bisa dilakukan misalnya menata meja kerja sedemikian rupa agar memudahkan dalam mencari dokumen atau barang penting. Saat bekerja, nggak ada salahnya menyiapkan hal yang bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus bekerja, seperti kopi atau playlist musik favorit.

Ciptakan Komunikasi dan Kerja Sama yang Baik dengan Rekan Kantor

Banyak yang merasa nggak betah dengan pekerjaannya karena merasa tidak bisa bersinergi dengan tim yang ada. Tapi, jangan buru-buru menyalahkan orang luar. Coba cek dulu apakah kamu sudah berusaha beradaptasi dan menciptakan kerja sama yang baik dengan rekan yang lain?

Jadi, ciptakan komunikasi yang baik dengan rekan satu tim terkait job desc dan tugas yang harus dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu menanyakan feedback terkait apa yang sudah kamu selesaikan. Dari sini, kamu bisa mendapatkan berbagai masukan agar hasil kerja bisa lebih baik lagi. Dengan terciptanya komunikasi yang positif antara rekan kerja di kantor, kepuasan dan kebahagiaan di tempat kerja bisa perlahan tercipta dengan baik.

Berteman Itu Penting, Tapi Pisahkan Juga Masalah Personal dan Pekerjaan

Tahu nggak sih salah satu hal yang bisa bikin bahagia di tempat kerja adalah kehadiran teman-teman yang bisa jadi tempat sharing atau sekadar mengobrol saat sedang penat? Aktivitas chit chat sebentar di jam makan siang ternyata bisa membantu meredakan stres, lho.

Namun, pastikan kamu juga bisa memisahkan masalah personal dan pekerjaan. Banyak kasus tempat kerja berubah jadi terasa menyeramkan hanya karena memiliki masalah personal yang mempengaruhi pekerjaan juga. Jadi, penting buat kamu untuk bisa memfilter mana teman yang suportif dan mana yang hanya memberikan drama nggak penting.

Jangan Lupa Untuk Selalu Pulang Tepat Waktu

Ini dia salah satu poin yang penting diterapkan untuk merasa bahagia di tempat kerja. Bukan hanya masuk kerja saja yang harus tepat waktu, tapi pulang kerja pun wajib on time. Sesekali lembur karena ada tenggat yang harus diselesaikan nggak masalah, tapi jika dilakukan terus-terusan jelas bisa menyebabkan burn out.

Demi bisa mewujudkan rutinitas from 9 to 5 yang efektif, belajar manajemen waktu yang baik adalah kuncinya. Buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan, tentukan mana yang menjadi prioritas. Fokus kerjakan 1 task terlebih dulu sebelum beralih ke task berikutnya. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikan satu per satu pekerjaan dengan baik sehingga bisa pulang tepat waktu.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa bahagia di tempat kerja demi tercipta work life balance. Namun, perlu dipastikan juga jika budaya dan lingkungan kerja saat ini membawa pengaruh positif untuk mendukung happy di tempat kerja.  

What's On Fimela
Loading