Sukses

Lifestyle

Indonesia Termasuk Negara Paling Dermawan Tahun 2021 Menurut Survei

Fimela.com, Jakarta Selama ini konsep saling berbagi, memberi dan membantu orang lain sudah tertanam di dalam diri setiap orang Indonesia sejak dini. Bukan hanya diajarkan dalam setiap agama yang dianut, tapi juga merupakan anjuran yang dibiasakan di dalam lingkungan bermasyarakat.

Sikap dermawan ini bukan hanya dinilai sebagai pembiasaan positif pada setiap individu tetapi juga sebagai bentuk kebersamaan bahu-membahu dalam kehidupan berdampingan dengan manusia lain. Mungkin karena kebiasaan itu pula yang kini membuat negara Indonesia menjadi negara paling dermawan dan murah hati di dunia. 

Indonesia peringkat 1 sebagai negara paling dermawan

Dilansir dari Charities Aid Foundation, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia berdasarkan World Giving Index tahun 2021. Laporan World Giving Index (WGI) oleh Charities Aid Foundation (CAF) menempatkan Indonesia di peringkat pertama dengan skor 69%. Skor ini naik dari skor sebelumnya 59% dari indeks tahunan terakhir yang diterbitkan pada 2018.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh Gallup, CAF World Giving Index mengambil rata-rata sederhana berdasarkan tanggapan dari tiga pertanyaan kunci yang diajukan di setiap negara. Dari data tersebut, diketahui paling tidak 8 dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uangnya pada tahun 2020 dan masyarakat Indonesia memiliki sikap sukarela lebih tinggi dari rata-rata tingkat sukarela di dunia.

Pengaruh adanya zakat sebagai bentuk donasi

Satu alasan yang membuat Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia adalah adanya zakat. Zakat adalah bentuk amal tradisional yang dilakukan pemegang agama Islam yang dipraktikkan secara luas di Indonesia, yang hasilnya didistribusikan kembali kepada yang membutuhkan.

Di Indonesia, ada anjuran dari otoritas agama di Indonesia agar orang-orang menggunakan pembayaran zakat tersebut digunakan untuk membantu orang-orang di komunitasnya yang mengalami kesulitan sebagai akibat dari keterpurukan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Kesadaran diri yang besar

Di samping itu, kesadaran diri setiap orang di Indonesia juga cukup tinggi untuk saling membantu sesamanya. Terlepas dari kondisi pandemi yang menurunkan perekonomian banyak orang, ternyata banyak juga orang-orang baik yang mau berbagi dan saling membantu. Diketahui dari data, secara spesifik sebanyak 65 persen orang Indonesia gemar menolong orang lain, sebanyak 83 persen memilih mendonasikan uangnya dan sebanyak 60 persen orang meluangkan waktunya menjadi sukarelawan.

Meskipun Indonesia tetap di nomor 1 dalam hal kedermawanan, 10 negara dengan skor tertinggi berubah secara substansial selama tahun 2020. Wah, ikutan bangga nggak sih Sahabat Fimela? 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading