Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Athifah Utami Bangun Eudemy Agar Banyak Anak Muda Dapat Beasiswa ke Eropa

Fimela.com, Jakarta Athifah Utami membuat platform Eudemy.id untuk membantu anak-anak muda Indonesia mendapat beasiswa Erasmus+, Erasmus Mundus Joint Master (EMJM) dan mengembangkan dirinya.

"Eudemy.id merupakan platform digital untuk mengenal lebih jauh program-program Erasmus+, terutama Erasmus Mundus Joint Master dan berkembang menjadi platform untuk meningkatkan kemampuan diri," kata perempuan kelahiran 4 Agustus 1994 ini kepada Fimela.

Beasiswa EMJM adalah beasiswa bergengsi yang banyak diburu. Didanai oleh Uni Eropa, para penerimanya akan menempuh studi magister di beberapa negara Eropa.Seperti Athifah yang merupakan alumni program EMJM. 'D

ia menyelesaikan studi di tiga universitas berbeda. Mengikuti rumpun pendidikan untuk program Play, Education, Toys and Languages (PETaL) dalam tiga semester dia tiga kali berpindah kampus.

Semester 1 di Universidad de Córdoba, Spanyol; semester 2 di Escola Superior de Educação de Lisboa (ESELx) dan semester 3 di Marmara University, Turki.  Juga praktik lapangan dan riset di Spanyol, Jerman, Brazil dan Kolombia.

Penerima beasiswa EMJM adalah yang terbaik dalam proses seleksi. Eudemy.id memberikan mentorship untuk menuntun dan menyiapkan diri untuk melewati berbagai tahapan. 

Mentorship EMJM

Progam ini mencakup tips memilih program EMJM di katalog, menulis _motivation letter_, mempersiapan Europass Curriculum Vitae, interview dan proposal riset. 

"Semua program mentorship tidak dikenakan biaya dan diadakan dua sesi setiap bulannya," tutur Koordinator Program untuk pendanaan Erasmus Students and Alumni Alliance (ESAA) dan Uni Eropa (UE) ini.

Para penerima beasiswa EMJM akan ditanggung biaya pendidikannya. Tidak itu saja, mahasiswa yang berhasil mengikuti EMJM juga mendapat uang bulanan sebesar 1400 EUR.

Juga fasilitas lainnya. Eudemy yang memiliki akun Instagram @eudemy.id ini juga memberikan ruang bagi anak muda yang ingin meningkatkan kemampuan akademik, karier, personal, sosial, serta organisasi melalui program Eudemy Community dan Eudemy Scholar.

"Melalui program-program Eudemy, kami berharap dapat membantu pemuda melengkapi keterampilan yang diperlukan dalam keterampilan personal, profesional dan akademik, serta memiliki keberanian untuk terus belajar atau memutuskan untuk melanjutkan studi mereka di tingkat pendidikan yang lebih tinggi," ungkapnya. 

Membantu kualitas pendidikan tinggi

Athifah menuturkan, proyeknya adalah batu loncatan untuk membantu berkontribusi dalam memperkuat kualitas pendidikan tinggi, melalui bimbingan individu, meningkatkan keterampilan kaum muda melalui kegiatan peningkatan kapasitas dan memperkenalkan program Erasmus+ sebagai salah satu cara untuk memperluas partisipasi kaum muda terutama di Asia Tenggara.

"Rencana kami selanjutnya adalah memperluas kerja sama internasional kami dengan masyarakat dan LSM, serta secara aktif terlibat dalam pengembangan kapasitas pemuda di daerah tertinggal," pungkasnya.

Platform Eudemy diinisiasi oleh dua alumni penerima beasiswa EMJM, yaitu Athifah dan Yochi Okta Andrawina, Alumni Marine Environment and Resources Program.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading