Sukses

Lifestyle

5 Cara Hadirkan Hati yang Lebih Ikhlas Menerima Keadaan

Fimela.com, Jakarta Menyikapi atau menghadapi keadaan yang tidak sesuai keinginan atau harapan bisa membuat kita merasa sedih. Tak bisa mengubah atau memperbaiki keadaan jadi lebih baik bisa membuat kita makin tertekan. Di situasi seperti itu, penting bagi kita untuk bisa lebih rela dan ikhlas menerima keadaan.

Hanya saja ikhlas kadang tak semudah teorinya. Butuh waktu dan proses sendiri untuk bisa ikhlas. Meskipun begitu, kita bisa mengupayakan beberapa hal untuk memiliki hati yang lebih ikhlas demi berdamai dengan sebuah realitas. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba agar kita bisa lebih ikhlas lagi.

 

1. Relakan yang Tak Bisa Dipertahankan

Mengutip buku Kosakata Keagamaan, "Jika dalam sebuah wadah terdapat sesuatu yang bercampur dengannya, maka upaya mengeluarkan yang mencampurinya dinamai mengikhlaskannya." Kita perlu mengeluarkan hal-hal yang memang tak bisa kita pertahankan lagi. Buang hal-hal yang memang sudah tak bisa digenggam lagi. Segala prasangka buruk pun perlu kita hapus dari dalam benak kita.

2. Hindari Ekspektasi Berlebihan

Tak perlu mengharapkan imbalan. Hindari ekspektasi atau harapan berlebihan. Saat berbuat baik, tak perlu berharap akan mendapat balasan baik juga dari orang lain. Benar-benar fokus melakukan hal baik demi kebaikan itu sendiri. Makin kita berharap mendapat balasan atau imbalan dari orang lain, makin sulit hati kita untuk ikhlas dengan keadaan.

 

 

3. Mengapresiasi Diri Sendiri

Bukan berarti bersikap narsis atau egois, melainkan berupaya untuk lebih berbaik hati pada diri sendiri. Mengapresiasi diri sendiri bisa membuat hati lebih nyaman dan tenang. Saat kita sudah lebih menyayangi diri sendiri, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menghadirkan hati yang ikhlas. Sebab keikhlasan pada dasarnya kekuatan yang membantu kita bertahan di masa-masa sulit.

 

 

4. Maafkan Segala Hal yang Mengganjal

Maafkan orang lain, situasi, dan diri sendiri. Maafkan segalanya dan semuanya. Untuk semua hal yang mengganjal di dalam hati, maafkan saja. Maaf bisa menjadi kunci utama untuk menghadirkan ketenangan dan kenyamanan di dalam diri. Hati yang lebih ringan pun bisa terasa lebih ikhlas.

 

 

5. Ambil Hikmah Terbaik

Dari setiap keadaan, pengalaman, atau kejadian, kita bisa mengambil hikmah atau pelajaran pentingnya. Saat kita bisa mengambil hal baik atau berpikir positif terhadap keadaan yang terjadi atau ada, hati bisa terasa lebih lapang dan ikhlas dengan sendirinya. Sebab ketika kita menghadirkan hal baik, maka hal baik pula yang akan hadir di hati kita.

Mungkin pada praktiknya tidak mudah untuk langsung ikhlas menerima kedaan yang ada. Namun, selama kita berupaya melakukan yang terbaik, yakin saja hal baik pun akan senantiasa menyertai kita dalam prosesnya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading