Sukses

Lifestyle

5 Cara yang Lebih Sehat untuk Meredakan Kesedihan

Fimela.com, Jakarta Berbagai kejadian, pengalaman, dan kenangan bisa menghadirkan berbagai macam jenis emosi dan perasaan. Ada yang membuat kita bahagia tapi ada juga yang membuat kita merasa sedih. Saat kita merasa bahagia, biasanya segalanya akan tampak indah dan baik-baik saja. Namun, ketika kita merasa sedih, segalanya jadi terasa muram.

Melansir laman Medicine Net, kesedihan adalah emosi normal yang biasanya disertai dengan rasa kehilangan. Kejadian-kejadian besar seperti kematian, kepergian orang yang dicintai, atau kehilangan hal berharga bisa membuat kita merasakan kesedihan yang mendalam. Untuk meredakan kesedihan, ada sejumlah cara sehat yang bisa dicoba seperti strategi sederhana berikut ini.

 

 

1. Izinkan Diri untuk Menangis

Saat merasa sedih, izinkan diri untuk menerima kesedihan yang ada. Kita bisa berdamai dengan kesedihan yang ada. Kalau ingin menangis, tak apa menangis saja. Mengutip buku How to Love, orang yang sering marah-marah memiliki rasio terkena penyakti kardiopulmoner yang tinggi, sedangkan orang yang suka memendam amarahnya cenderung banyak terkena penyakit kanker. Saat belum bisa mengelola perasaan dan amarah dengan stabil, maka dampaknya bisa langsung ke kesehatan tubuh. Menangis bisa menjadi salah satu cara untuk menstabilkan perasaan dan meringankan hati.

 

 

2. Mendengarkan Musik

Putar dan dengarkan musik yang disukai. Sebuah lagu yang mewakili isi hati dan perasaan bisa mengalirkan rasa nyaman saat kita mendengarkannya. Apalagi saat kita belum memiliki seseorang atau support system yang bisa memotivasi atau memberi kata-kata penyemangat, maka mendengarkan musik bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan diri.

 

 

3. Mencurahkan Isi Hati

Kalau punya teman curhat atau seseorang yang bisa memberikan waktunya untuk mendengar isi hati dan curahan perasaan kita, maka kita bisa meminta bantuannya. Kalau tidak, kita bisa coba cari cara lain seperti menulis jurnal atau buku harian. Menuangkan isi hati melalui tulisan, gambar, atau karya juga bisa membantu meredaka kesedihan di dalam hati.

 

 

4. Berjalan-jalan

Untuk bisa lepas dari rasa sedih berkepanjangan, sebuah hal penting yang perlu dilakukan adalah bergerak. Sekadar jalan kaki atau menggeliat bisa jadi awal untuk mulai kembali bersemangat. Bergerak dan berjalan-jalan juga bisa bantu redakan kesedihan. Setidaknya perasaan yang tadinya begitu mengganjal di dalam dada bisa perlahan luruh dan membuat kita hati lebih ringan.

 

 

5. Rehat Melakukan Sesuatu Seorang Diri

Lakukan hal yang paling disukai sendiri, biasanya dari sini suasana hati akan membaik. Entah itu menikmati kopi favorit di kafe, membuat makanan kesukaan, atau menekuni sebuah hobi yang disukai. Ketika kita meluangkan waktu menikmati kesendirian biasanya itu kita lakukan untuk mengoptimalkan energi kita melakukan sesuatu yang memang kita butuhkan.

Semoga apa pun kesedihan yang sedang dirasakan bisa segera reda. Semoga hati yang tadinya terasa berat dan tak nyaman bisa segera membaik juga, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading