Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenang Menyikapi Orang yang Pernah Mengecewakanmu

Fimela.com, Jakarta Menghadapi orang yang pernah mengecewakan kita bisa terasa membingungkan. Apalagi ketika kita masih merasa sedih dan terluka, tetapi masih ingin tetap menjalin hubungan baik dengannya, rasanya kita jadi kebingungan dalam bersikap.

Ada sejumlah cara atau strategi sederhana yang bisa kita coba untuk berusaha tetap tenang saat menyikapi, menghadapi, atau berdampingan kembali dengan orang yang pernah mengecewakan kita. Kita bisa mencoba memilih cara yang menurut kita lebih mudah atau sederhana untuk kita coba. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Perkuat Ingatan Baik

Daripada mengingat hal atau perbuatan buruk yang pernah dilakukan oleh orang yang pernah mengecewakan kita, kita bisa memperkuat ingatan baik atau hal-hal positif yang pernah terjadi. Bisa jadi orang yang pernah mengecewakan kita dulu pernah berbuat baik kepada kita, maka kita fokus saja pada hal baik yang pernah ada.

 

2. Sudahi Menyalahkan Diri Sendiri

Yang sering terjadi biasanya kita malah menyalahkan diri sendiri saat kita dikecewakan orang lain. Kadang kita merasa kita telah melakukan kesalahan sehingga membuat orang lain merasa kecewa kepada kita. Padahal belum tentu semuanya terjadi karena kesalahan kita. Jadi, daripada makin menyalahkan diri sendiri, mending maafkan diri sendiri dan coba untuk lebih menguatkan hati lagi.

3. Tetap Tersenyum

Tetaplah tersenyum saat menyambut atau berhadapan dengannya. Walau mungkin awalnya hanya tampak pura-pura tersenyum saja, tapi setidaknya ini bisa bantu menguatkan diri. Tetap tersenyum bisa menghadirkan suasana hati yang lebih baik lagi. Tak perlu berwajah muram atau marah sebab perasaanmu saat ini sebenarnya sedang butuh lebih banyak perhatian lagi.

 

4. Mengobrol Senyamannya Saja

Kalau masih butuh menjaga jarak atau tak ingin berkomunikasi terlalu jauh dengannya, kita bisa mengobrol senyamannya saja. Tak perlu membahas hal-hal yang sekiranya masih membuat kita tak nyaman. Serta tak usah mengungkit hal-hal yang menyinggung perasaan.

5. Fokus pada Pikiran Positif

Perkuat pada hal-hal yang positif dan baik. Pikirkan hal-hal baik saja. Tak perlu meminta pembenaran atau menuntut "keadilan" apa pun. Untuk bisa berdamai dengan orang yang pernah mengecewakan kita, kita bisa perkuat pikiran positif kita saja. Cukup mengusahakan hal-hal baik yang masih bisa kita lakukan, dan ikhlaskan hal-hal yang sudah berlalu.

Semoga ke depannya kita bisa tetap menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita, ya. Kuatkan lagi hatimu dan jalin komunikasi yang lebih nyaman dengan siapa pun.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading