Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenang Menyikapi Orang yang Menjaga Jarak Denganmu

Fimela.com, Jakarta Ada seseorang yang mendadak menjaga jarak denganmu? Tanpa mengetahui sebab pastinya, seseorang yang tadinya baik-baik saja berubah menjadi seperti orang asing. Bahkan obrolan yang terjadi pun makin terasa canggung tak nyaman.

Menyikapi atau menghadapi orang yang menjaga jarak dengan kita kadang membuat kita merasa serba salah. Rasanya apa pun yang akan kita lakukan berpotensi menyinggung perasaan dan memperburuk keadaan. Lalu, bagaimana agar kita bisa tetap tenang menyikapi situasi ini?

 

 

1. Berusaha Tetap Ramah

Tetap bersikap ramah bisa kita upayakan untuk mencegah situasi jadi makin canggung atau memburuk. Tetap tersenyum atau bertanya kabar bisa kita lakukan setidaknya demi kebaikan diri sendiri. Saat kita masih belum tahu alasannya menjaga jarak dengan kita, maka kita tetap bisa bersikap baik seperti biasa.

 

2. Meningkatkan Empati

Coba untuk tingkatkan empati terhadap orang tersebut. Mengutip buku How to Love, empati adalah proses memahami dan menerima emosi. Empati adalah hal terpenting daam hubungan antarmanusia. Coba untuk jaga pikiran positif. Bisa jadi dia sedang menjaga jarak denganmu karena sedang memiliki masalah yang ingin dia selesaikan sendiri.

3. Hindari Sikap Menghakimi

Saat berhadapan atau berkomunikasi dengannya, kamu tidak perlu menyudutkan atau menghakiminya. Mungkin dia sedang butuh waktu untuk memproses keadaannya. Atau bisa jadi dia sedang menyiapkan diri untuk memberi penjelasan atas persoalan yang sebenarnya. Sebelum mencari sumber kesalahan atau penyebab dia menjaga jarak denganmu, ada baiknya untuk memberi waktu dulu secukupnya.

 

4. Hadirkan Senyuman

Saat belum bisa berkata-kata atau memperbaiki cara bicara dan berkomunikasi, cukup hadirkan senyuman. Walau saat ini perasaanmu sendiri juga sedang tidak nyaman atau masih berantakan, seulas senyuman yang kamu hadirkan bisa membuat suasana hatimu lebih baik.

5. Berbicara Lebih Jujur

Saat kamu bisa lebih jujur, orang lain pun akan lebih nyaman berbagi banyak hal padamu. Kamu pun menjadi orang yang mudah untuk diajak bicara. Kalau memang kamu merasa tak nyaman dengan sikap seseorang yang menjaga jarak denganmu, kamu bisa utarakan isi hati dan perasaanmu yang sebenarnya. Dengan membantunya memahami perasaanmu, dia bisa lebih nyaman lagi menuturkan persoalan yang sedang dihadapinya.

Semoga ke depannya kita bisa senantiasa menjaga hubungan baik dengan orang-orang terdekat kita, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading