Sukses

Lifestyle

5 Cara Lebih Bahagia dengan Menyayangi Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Menyayangi diri sendiri bukanlah sikap yang egois. Justru dengan menyayangi diri sendiri, kita bisa mendapatkan hidup yang lebih bahagia. Kita bisa merasa lebih nyaman menjalani hidup saat kita bisa menerima diri kita seutuhnya.

Bahkan menyayangi diri sendiri menjadi dasar penting bagi kita untuk bisa menyayangi orang lain. Sehingga kehidupan yang kita jalani bisa terasa penuh cinta. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk makin menyayangi diri sendiri agar hidup lebih bahagia. Berikut ini lima hal yang bisa dicoba.

 

 

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Bersikaplah nyaman dengan dirimu dan belajar menikmati kesendirian. Kembangkan ikatan dengan diri sendiri di saat-saat kesunyian melanda. Saat kita meluangkan waktu untuk diri sendiri, kita bisa lebih mudah memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita serta memposisikan diri lebih baik lagi untuk beradaptasi dengan semua pengalaman baru dan perubahan hidup yang ada.

 

 

2. Sadari bahwa Kita Tak Bisa Mengendalikan Semua Orang

Mustahil rasanya kita bisa mengontrol semua omongan orang. Kita tak bisa mengatur orang ingin bicara apa. Nyinyiran dan cibiran orang pun tak bisa kita cegah dengan mudah. Realita ini perlu kita terima terlebih dahulu supaya kita tak gampang marah menghadapi omongan-omongan negatif orang. Lalu, kita bisa fokus dengan mengatur cara dan respons terbaik dari diri kita dalam menanggapi hal-hal yang terjadi di sekitar kita.

 

 

3. Uraikan Perasaan Melalui Tulisan

Buat jurnal atau buku harian mengenai hari-harimu. Tuliskan kejadian apa saja yang membuatmu sedih, marah, dan kesal. Atau, jika kamu kesepian, tuliskan apa yang kamu harapkan dalam situasi tersulit. Dengan menulis, kamu bisa mengatasi emosi negatif yang terbendung dengan lebih baik serta bisa makin mengenali diri sendiri dengan lebih baik.

 

 

4. Apresiasi Hal-Hal Sederhana di Sekitar Kita

Matt Haig dalam bukunya, The Comfort Book memaparkan, "Kita selalu memiliki jauh lebih banyak di dalam diri kita ketimbang yang kita sadari. Lebih banyak kekuatan, kehangatan, kasih, dan ketahanan." Kebahagiaan bisa kita temukan dari dalam diri. Bahkan melalui hal-hal sederhana yang bisa kita lihat, rasakan, dan dengar, kita bisa menemukan kebahagiaan saat bisa mengapresiasi dan mensyukuri semuanya.

 

 

5. Fokus pada Prioritas Hidup Sendiri

Hati kita terus menerus gelisah karena tak henti-hentinya membuat perbandingan standar hidup orang. Maka dari itu, di sini kita perlu kembali menjadi diri sendiri. Saat kita sudah lebih fokus menjadi diri sendiri dan menjadikan hidup kita bermakna dengan cara kita sendiri, kita bisa lebih mudah menemukan kebahagiaan kita. Kita bisa lebih fokus mencukupi dan memenuhi prioritas hidup kita, sehingga bisa senantiasa bersemangat menjalani hidup dengan kesadaran penuh.

Jadi, sudah siap bahagia dengan lebih menyayangi diri sendiri? Semoga ke depannya hidupmu bisa lebih indah dan penuh warna, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading