Sukses

Lifestyle

Kapan Puasa Muharram dan Apa Keutamaannya? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Tahun baru Islam atau 1 Muharram terjadi pada tanggal 30 Juli 2022. Dengan datangnya bulan Muharram, berarti telah datang tahun baru sesuai kalender Hijriah dalam Islam. Penting diketahui, bulan Muharram menjadi salah satu bulan yang istimewa dalam Islam. 

Pada Al-Quran dan Hadis telah dijelaskan begitu banyak keutamaan bulan Muharram. Salah satu keutamaannya adalah bulan ini termasuk bulan yang disucikan (haram) dalam Islam. 

Pada 12 bulan di kalender Hijriah, ada empat bulan yang disucikan (haram). Bulan tersebut antaranya adalah Dzuqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Dari Abu Bakrah, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada 12 bulan. Di antaranya ada 4 bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Bulan Muharram

Bulan Muharram menjadi bulan yang sangat istimewa. Di bulan ini, seseorang yang tulus dan ikhlas beribadah karena Allah ta’ala akan dilipatgandakan pahalanya. Orang-orang yang melaksanakan puasa sunah khusus bulan Muharram yakni puasa Tasu’a dan Asyura akan diberi ganjaran pengampunan dosa selama dua tahun. 

Dalam sebuah hadis dijelaskan, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”(HR. Muslim no. 1162)

Karena puasa Asyura berpahala dihapuskan dosanya selama 1 tahun lalu. Banyak yang berpendapat bahwa puasa Tasu’a di bulan Muharram bisa melengkapi penghapusan dosa setahun berikutnya. Dikatakan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim)

Kapan Puasa Muharram 2022?

Untuk bulan Muharram tahun 2022 ini, puasa Muharram berupa puasa Tasu’a dan Asyura bisa dilaksanakan di tanggal 9 dan 10 Muharram. Itu artinya, puasa Tasu’a pada kalender Masehi adalah tanggal 7 Agustus 2022 untuk puasa Tasu’a dan tanggal 8 Agustus 2022 untuk puasa Asyura. 

Selain puasa Tasu’a dan Asyura, puasa sunah lain yang bisa dilaksanakan di bulan Muharram ada puasa senin kamis, puasa nabi daud, puasa ayyamul bidh pada tanggal 13, 14 dan 15 Muharram. Bagi kamu yang beragam muslim, sebaiknya tidak hanya meningkatkan ibadah berupa puasa sunah tetapi juga ibadah lain seperti membaca Al-Quran, mendirikan salat malam, bersedekah dan lainnya untuk dapatkan pahala yang lebih berlipat ganda. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut datangnya tahun baru Islam. Semoga di tahun yang baru ini kita senantiasa diberi keberkahan dalam hidup. Kita juga senantiasa mendapat limpahan rezeki juga kebaikan dari Tuhan. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading