Sukses

Lifestyle

Jarang Disadari, Inilah 7 Ciri Orang Cerdas Menurut Sains

Fimela.com, Jakarta Berbicara tentang orang cerdas, pasti selalu dikaitkan dengan IQ yang tinggi. Padahal tidak selalu demikian lho, Sahabat Fimela.

Faktanya, para ahli mengatakan orang cerdas tidak terbatas pada kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional. Bahkan, banyak orang cerdas yang bahkan tidak menyadari betapa cerdas mereka sebenarnya.

“Orang yang sangat cerdas adalah orang yang fleksibel dalam berpikir dan dapat beradaptasi dengan perubahan, mereka berpikir sebelum berbicara atau bertindak, dan mereka mampu mengelola emosi mereka secara efektif," Dr. Catherine Jackson, psikolog klinis berlisensi dan ahli saraf bersertifikat mengatakan kepada Bustle.

Peneliti telah menilai banyak kesamaan sifat yang dimiliki oleh orang-orang yang sangat cerdas. Misalnya, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, menemukan bahwa orang yang sangat cerdas sebenarnya lebih suka menyendiri. 

Selain itu, masih banyak lagi ciri-ciri orang cerdas yang mungkin tidak kamu sadari. Apa saja? Yuk simak berikut ini selengkapnya!

1. Selalu Merasa Penasaran

Ciri orang cerdas yang sering terlihat adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Misalnya ketika menikmati membaca buku, seni, dan belajar bahasa lain atau ketika kita ingin selalu mengetahui jawaban dari inti permasalahan.

Sebuah studi dari Goldsmiths University of London juga menemukan bahwa seseorang yang memberi makan rasa ingin tahu mereka memainkan peran besar dalam pertumbuhan kognitif.

Sebuah studi di Journal of Individual Differences juga menunjukkan korelasi antara orang-orang yang mendapat nilai tinggi pada tes IQ sebagai seorang anak dan orang dewasa yang lebih ingin tahu dan terbuka terhadap ide-ide baru. Penelitian psikologi dari Georgia Tech juga menunjukkan bahwa mereka yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi lebih toleran terhadap ambiguitas, yang membutuhkan gaya berpikir yang canggih.

2. Tidak Teratur

Orang cerdas tidak selalu memiliki hidup yang teratur. Terutama untuk masalah kerapian. Biasanya, orang cerdas memiliki kamar yang berantakan dan terlihat bekerja secara acak.

Dilansir Inc, dalam studi Vohs yang diterbitkan dalam Psychological Science, dua kelompok yang diminta untuk merancang penggunaan kreatif untuk bola Ping-Pong. Satu kelompok bekerja di lingkungan yang berantakan dan berantakan sementara yang lain bekerja dalam lingkungan yang rapi. Hasilnya, kelompok yang berantakan itu melakukan brainstorming ide-ide yang jauh lebih kreatif dan menarik.

Sampai saat ini, belum diketahui alasan pasti dibalik hubungan orang cerdas dan sifat tidak teratur ini. Namun, jika kamu menanyakan langsung alasannya mereka mungkin akan menjawab bahwa ada banyak hal yang harus mereka pikirkan sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan kekacauan di sekitarnya.

3. Sering Berbicara dengan Diri Sendiri

Bukan gila, kebiasaan berbicara dengan diri sendiri bisa menjadi pertanda bahwa kamu merupakan orang yang cerdas. Sebuah studi dari psikolog Paloma Mari-Beffa dan Alexander Kirkham dari Universitas Bangor menunjukkan bahwa berbicara keras pada diri sendiri meningkatkan pengendalian diri, suatu bentuk kecerdasan yang penting.

 Mereka memberi peserta studi satu set tugas dan instruksi tertulis yang menyertainya, meminta mereka untuk membaca instruksi dalam hati atau dengan suara keras. Konsentrasi dan performa terukur dari mereka yang membacakan dengan lantang ternyata jauh lebih baik.

4. Memiliki Kontrol Diri

Menurut dr. Catherine, memiliki kontrol diri adalah tanda kecerdasan karena itu berarti kamu lebih cenderung berpikir sebelum berbicara atau bertindak.

"Ketika (orang cerdas) mengalami ketidaknyamanan dalam hidup mereka, mereka juga bekerja untuk memecahkan masalah dan mengurangi ketidaknyamanan dengan cepat," katanya.

5. Kreatif

Dr. Katie Davis, seorang neuropsikolog klinis, mengatakan kepada Business Insider bahwa kreativitas adalah tanda kecerdasan yang pasti karena kreativitas membutuhkan pemikiran yang fleksibel/out of the box dan memerlukan kemampuan untuk mengubah dan mengubah pola berpikir dari satu cara ke cara lain.

6. Berpikiran Terbuka

Orang pintar tidak menutup diri terhadap ide atau peluang baru. Dalam sebuah studi psikologi Universitas Yale 2008 menunjukkan,  orang yang sangat cerdas cenderung tetap berpikiran terbuka terhadap sudut pandang orang lain, tidak merumuskan sendiri sampai mendengar banyak suara. 

Ini tidak berarti mereka berubah-ubah, karena penelitian ini juga menunjukkan orang yang berpikiran terbuka lebih cenderung percaya diri tentang pendapat mereka setelah terbentuk dan cenderung tidak dimanipulasi.

7. Kamu lucu

Siapa sangka, orang yang memiliki selera humor yang tinggi merupakan ciri orang yang cerdas. Seperti dalam penelitian yang dilakukan oleh Psikologi University of New Mexico 2011. Penelitian tersebut menemukan bahwa komedian profesional dan orang-orang yang menulis teks kartun lucu mendapat skor lebih tinggi pada kecerdasan verbal. 

Loading