Sukses

Lifestyle

Penting untuk Dimiliki, Ini 4 Manfaat Memiliki Dana Darurat yang Cukup

Fimela.com, Jakarta Salah satu kebenaran umum adalah bahwa hidup tidak akan pernah bebas dari ketidakpastian. Oleh karena itu, seseorang harus cukup bijaksana untuk membuat rencana darurat untuk menjaga diri mereka tetap bertahan selama masa-masa yang sulit. Dana darurat merupakan aspek penting dari perencanaan keuangan.

Sejumlah uang yang disisihkan seseorang untuk digunakan selama keadaan darurat dikenal sebagai dana darurat. Dengan kata sederhana, dana darurat adalah dasar dari rencana keuangan pribadi yang kuat. Disarankan bahwa dana darurat harus cukup untuk menutupi pengeluaran penting seseorang setidaknya selama enam bulan. Jumlah dana akan berbeda untuk individu yang berbeda. Jika seseorang baru saja mulai memiliki penghasilan, mereka harus membangun dana darurat yang mencakup setidaknya tiga bulan dari biaya hidup mereka. Namun, mereka pada akhirnya harus meningkatkan jumlah dana tersebut. Ada begitu banyak manfaat dari membuat dana darurat, misalnya seperti membayar uang perawatan rumah sakit ketika kamu sedang sakit, dan lainnya.

Tentu masih banyak lagi manfaat penggunaan dana darurat ini. Penasaran, untuk apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Mengurangi Pengeluaran Impulsif

Seringkali, kita terjebak membuat pilihan pengeluaran impulsif untuk produk yang tidak kita butuhkan. Untuk membayar produk-produk ini, kita mengeluarkan uang belanja, tetapi kamu dapat memperoleh manfaat lebih banyak dengan menyimpan uang itu untuk membayar tagihan. Menyiapkan dana darurat di rekening tabungan, terpisah dari rekening bank sehari-hari, dapat mencegahmu menarik uang dan berpartisipasi dalam pengeluaran impulsif. Uang dana darurat tidak akan tersedia untukmu seperti kartu debit, menghindari dorongan untuk membelanjakannya untuk barang-barang yang tidak perlu.

Mengurangi Tekanan Keuangan

Memiliki dana yang terpisah dari sisa uang anggaran bulanan, memberikan ketenangan pikiran bahwa kamu akan siap untuk menutupi pengeluaran yang diharapkan. Kadang-kadang bisa membuat stres memikirkan semua uang yang kamu berikan untuk membayar tagihan. Uang yang kamu simpan di dana darurat dapat digunakan ketika kamu perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membayar tagihan. Demikian pula, dana tersebut dapat digunakan jika kamu pernah berada dalam situasi di mana kamu perlu segera mengakses uang tambahan. Dana darurat bertindak sebagai selimut keamanan, melindungimu dari ketidakpastian keuangan.

Mencegah Penambahan atau Penumpukan Utang

Sebelum menyiapkan dana darurat, kemungkinan besar kamu mengandalkan kartu kredit atau pinjaman untuk membantumu dalam keadaan darurat keuangan. Namun, semakin kamu menggunakan pinjaman dan kartu kredit, semakin tinggi hutangmu. Memiliki hutang dalam jumlah besar akan membutuhkan waktu lama untuk dilunasi, dan kamu mungkin kesulitan untuk menutupi biayanya. Dana darurat dapat membantu mencegah utangmu semakin menumpuk.

Memberimu Stabilitas Finansial

Memulai dana darurat adalah langkah yang sangat baik untuk mencapai stabilitas keuangan. Dana ini akan memberikan ketenangan pikiran bahwa kamu dapat memenuhi kebutuhanmu jika sesuatu hal terjadi padamu.

Nah, dengan adanya dana darurat, tentunya ini akan membantumu memiliki keuangan yang lebih stabil dan menghindarkanmu dari permasalahan keuangan yang serius. 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading