Sukses

Lifestyle

Apakah Kondisi Kuanganmu Stabil? Ini 5 Tanda yang Perlu Kamu Ketahui!

Fimela.com, Jakarta Bagaimana Sahabat Fimela bisa tahu, bahwa mungkin dirimu telah menjalani kehidupan yang stabil secara finansial? Beberapa orang mungkin memiliki pendapat yang berbeda tentang stabilitas finansial. Memiliki pendapatan yang besar, tidak selalu menjamin jika dirimu dapat memiliki stabilitas finansial ini. Karena tanpa pengelolaan keuangan yang baik, maka stabilitas finansial tidak dapat tercapai.

Nah, jika kamu bertanya-tanya, apakah kamu selama ini sudah memiliki keuangan yang stabil, beberapa tanda berikut mungkin dapat membantumu untuk mengetahuinya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki Sedikit Utang

Kartu kredit dan pinjaman lainnya dapat membeli apa yang kamu inginkan dalam jangkauan finansial. Tetapi pembayaran dapat meregangkan anggaran bulananmu di luar batas yang nyaman. Mengurangi atau menghilangkan utang itu sama sekali dapat membebaskan uang yang kemudian dapat kamu gunakan untuk keadaan darurat, investasi, atau perbaikan rumah.

2. Dapat Membayar Pengeluaran Bulanan Hanya dengan Penghasilanmu dan Pasangan

Apakah kamu sudah menikah, dan apakah kamu dan pasangan sama-sama berpenghasilan? Kamu berada dalam kondisi keuangan yang sangat baik jika kamu dapat menutupi pengeluaran bulanan tetap seperti tagihan listrik hanya dari penghasilanmu atau pasangan. Pendapatan kedua dapat digunakan untuk tabungan atau pengeluaran tambahan, seperti makan di luar dan liburan.

3. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Kamu berada dalam situasi keuangan yang sehat jika kamu selalu memiliki cukup uang untuk membayar tagihan tepat waktu. Ini juga berarti bahwa kamu tidak akan kehilangan waktu tidur karena keuanganmu. Mengapa? Karena ketika kamu pergi tidur setiap malam, kamu akan tahu bahwa semua tagihanmu telah dibayar dan ada sisa uang untuk pengeluaran bulanan lainnya, dan semua baik-baik saja dengan duniamu.

4. Memiliki Dana Darurat yang Memadai

Ketika hidup memberikan kejutan keuangan yang tidak menyenangkan seperti perbaikan mobil besar-besaran atau kehilangan pekerjaan, dana darurat yang cukup (sekitar enam bulan pengeluaran) atau asuransi dapat membantumu mengatasi krisis. Jika tidak, kamu mungkin akhirnya meminjam untuk menutupi kebutuhanmu. Hal ini dapat menjerumuskanmu ke dalam lingkaran utang dan ketidakamanan finansial, sehingga menyulitkanmu untuk menabung.

5 Kekayaan Bersih Meningkat dari Tahun Ke Tahun

Kekayaan bersih mengalami pertumbuhan yang cukup konsisten setiap tahun. Ini seharusnya merupakan hasil dari pertumbuhan yang didorong oleh kombinasi tabunganmu, kontribusi rutin ke portofolio investasi, dan hasil investasi yang baik.

Belum sempat mencapai kehidupan yang stabil secara finansial? Jangan khawatir, kamu dapat meningkatkan kesehatan kamu di depan uang dengan beberapa perencanaan keuangan yang cerdas.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading