Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Hati untuk Kuatkan Diri Hadapi Masalah Hidup

Fimela.com, Jakarta Masalah hidup bisa terasa sangat sulit dan berat untuk ditangani. Saat kita belum bisa menemukan solusi atau jalan keluar terbaik, hati ini bisa sangat gelisah. Hati yang gelisah pun makin menyulitkan kita untuk hadapi masalah yang ada.

Saatnya untuk fokus mendapatkan ketenangan hati. Dengan begitu, energi kita akan kembali terisi dan bisa membuat kita lebih kuat lagi. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk tenangkan hati untuk kuatkan diri.

 

1. Lepaskan Hal-Hal di Luar Kendali Diri

Ringankan beban di pundak. Bebaskan diri dari hal-hal yang berada di luar kendali. Kita tak bisa memastikan semua hal berjalan sesuai dengan keinginan, tetapi kita bisa mencoba untuk menerima realitas yang ada. Sehingga energi kita tidak terkuras habis untuk hal-hal yang sudah tak bisa kita ubah lagi.

2. Beristirahat yang Nyaman

Luangkan waktu khusus untuk beristirahat sejenak. Lakukan apa pun hal yang bisa membantu kita untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Mengutip buku Meditations, Marcus Aurelius mengungkapkan, "Jadi, teruslah beri kesempatan pada dirimu untuk beristirahat dalam diri sendiri seperti ini, dan memulihkan dirimu; dan jagalah agar semua prinsip yang kaupegang serba-ringkas dan mendasar, sehingga segera setelah kau kembali kepadanya, itu akan cukup untuk membersihkan jiwamu seutuhnya, dan kemudian membawamu kembali terbebas dari segala bentuk kegalauan dengan hal-hal yang kauhadapi selama ini."

3. Atur Napas Perlahan

Ada latihan pernapasan yang bisa dilakukan untuk membuat kita lebih tenang dan pikiran lebih seimbang. Caranya cukup mudah. Hanya menarik napas perlahan-lahan dengan menutup satu lubang hidung dan membuang napas sambil menutup lubang hidung yang lain. Lakukan latihan pernapasan ini beberapa kali sampai merasa lebih tenang dan fokus.

 

4. Selesaikan Hal yang Lebih Mudah

Coba selesaikan persoalan yang ada satu per satu. Sedikit demi sedikit pun tak apa. Untuk bisa kembali kuat, kita perlu menghadapi rasa takut dalam diri dan meningkatkan keberanian untuk menyelesaikan persoalan secara bergantian. Bisa dimulai dengan melakukan hal yang lebih mudah lebih dulu sebelum beranjak ke hal selanjutnya.

5. Memperkuat Harapan

Perkuat doa baik. Tingkatkan harapan-harapan baik. Saat hati gelisah dan cemas, kita perlu memperbanyak afirmasi positif untuk bisa menetralkan pikiran dan menghadirkan rasa tenang. Selama kita masih bisa membayangkan hal baik, maka ketenangan hati bisa hadir dengan lebih mudah.

Semoga apa pun masalah yang sedang kamu alami dan hadapi bisa terselesaikan dengan baik, ya. Terima kasih sudah bertahan hingga sekarang.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading