Sukses

Lifestyle

Tips Mengatasi Kantuk dengan Cepat dan Mudah Saat Bekerja

Fimela.com, Jakarta Saat sibuk bekerja, tidak jarang kita akan merasa mengantuk dan begitu lelah. Hal ini wajar dialami oleh siapa saja yang bekerja. Terlebih bagi orang-orang yang waktu malam sebelumnya kurang tidur atau memiliki aktivitas yang padat. 

Ketika kita bekerja di rumah, saat mengantuk kita bisa saja mengambil waktu istirahat dan tidur sejenak. Namun, bagaimana jika rasa kantuk terjadi saat kita bekerja di tempat kerja atau di kantor? Tentu hal ini akan membuat kinerja kita dinilai kurang baik dan kita pun akan merasa tak enak dengan rekan kerja bahkan atasan. 

Mengenai kantuk ini, apa sih yang menyebabkan kita mengantuk di tempat kerja padahal sudah memiliki waktu istirahat cukup?

Penyebab Kantuk Meski Memiliki Istirahat Cukup

Mengutip dari laman liputan6.com, rasa mengantuk yang muncul meski telah memiliki istirahat cukup bisa saja disebabkan oleh pola makan yang buruk. Ini juga bisa disebabkan oleh asupan air putih yang kurang sehingga tubuh mudah lelah, mengantuk bahkan malas. Cairan adalah sumber energi terbaik bagi tubuh yang membuat tubuh lebih bugar dan semangat. 

Mengantuk juga erat kaitannya dengan kurangnya istirahat cukup dan berkualitas saat malam. Menurut para ahli, seseorang akan rentan mengantuk ketika kualitas tidurnya saat malam buruk. Kualitas buruk tidak hanya karena waktu tidur yang singkat tetapi tidur yang lama tapi tidak jenak atau nyenyak. 

Bagaimana Mengatasi Kantuk saat Bekerja?

Ada beberapa tips yang dilakukan untuk mengatasi kantuk saat bekerja. Tips tersebut antara adalah sebagai berikut: 

  1. Lakukan gerakan singkat yang mampu mengembalikan semangat yakni menarik telinga ke belakang, tekan tulang telinga bagian belakang sambil ambil nafas cepat dan tekan serta gosok titik tepat di bawah hidung. 
  2. Usahakan untuk jalan-jalan sebelum  bekerja. Jalan-jalan ini bisa kamu lakukan dengan jalan menuju tempat kerja atau jalan-jalan di sela-sela kamu sibuk bekerja. 
  3. Pastikan untuk sarapan dengan menu makanan yang bernutrisi dan bergizi serta rendah lemak. Pastikan juga untuk mengonsumsi air putih cukup dan hindari sarapan berlebihan. Kekenyangan hanya akan meningkatkan risiko kantuk. 
  4. Minumlah kafein untuk mengusir kantuk. Kamu bisa minum teh, kopi atau cokelat hangat sembari bekerja. 
  5. Terapkan jadwal tidur yang baik setiap harinya. Usahakan untuk memiliki waktu tidur cukup dan berkualitas. 
  6. Pastikan agar tubuh tetap terhidrasi selama bekerja. Kamu bisa minum air putih selama bekerja dan konsumsi buah yang kaya air. 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja. Kamu juga bisa mengatasi rasa kantuk selama bekerja dengan mencuci muka saat mulai merasa mengantuk. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading