Sukses

Lifestyle

5 Bukti Ada Jiwa Perempuan Kuat di Balik Sikapmu yang Tenang

Fimela.com, Jakarta Tiap perempuan dilahirkan dengan karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Bahkan temperamen tiap orang tak pernah ada yang benar-benar serupa. Bagi dirimu yang lebih sering dikenal sebagai perempuan yang tenang, kamu bisa memiliki sisi yang kuat dan luar biasa di dalam hatimu.

Di balik sikapmu yang terbiasa tampak tenang, ada jiwa perempuan tangguh yang bersemayam. Kamu senantiasa memperjuangkan hidup dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Bahkan tiap masalah dan tantagan yang hadir, kamu jadikan batu loncatan untuk hadirkan perubahan hidup yang lebih baik. Berikut ini lima tanda umum bahwa dirimu sebenarnya adalah perempuan berjiwa kuat. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Menyikapi Masalah sebagai Pembelajaran

Masalah yang datang silih berganti memang tak mudah dihadapi. Akan tetapi, kamu menganggap setiap masalah sebagai pembelajaran. Masalah, cobaan, atau ujian hidup kamu tanggapi sebagai hal-hal yang akan membantumu jadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa. Walau tak selalu bisa menghadirkan solusi terbaik untuk tiap masalah yang hadir, tetapi kamu tak pernah lari dari masalah melainkan berusaha untuk menghadapinya dengan kemampuan terbaikmu.

2. Bisa Berdamai dengan Rasa Takut

Menjadi kuat bukan berarti tak punya rasa takut. Justru rasa takut yang ada diterima dengan lebih terbuka. Mengutip laman Art of Improvement, rasa takut, gelisah, dan gugup adalah aspek fundamental dalam hidup. Kita semua merasakan dan mengalami semua emosi itu, khususnya ketika akan mencoba sesuatu yang baru. Kamu sudah berdamai dengan rasa takut itu, sehingga kamu senantiasa tergerak untuk mencoba hal-hal baru yang dapat memperkaya jiwa dan pengalaman hidupmu.

 

3. Tidak Membanding-bandingkan Diri dengan Orang Lain

Kamu meyakini bahwa tiap orang punya perjalanan dan perjuangan hidup masing-masing. Sehingga kamu tidak terobsesi dengan perbandingan yang kamu buat atau hadirkan di depan matamu. Tiap orang punya pencapaiannya sendiri, dan kamu lebih fokus untuk menjalani hidupmu sebaik-baiknya daripada tenggelam dalam rasa rendah diri ketika membandingkan diri dengan orang lain.

4. Punya Kemampuan Mengelola Stres yang Baik

Ada saatnya kita tak bisa menolak kehadiran situasi yang membuat kita stres. Saat kita sudah memiliki kemampuan untuk mengelola stres dengan baik, maka kita akan dimudahkan untuk mengatasi berbagai persoalan yang hadir dalam hidup. Mengimbangi kesibukan dengan waktu istirahat yang cukup, serta senantiasa berupaya untuk mengelola emosi dengan baik menjadi sumber kekuatan untuk bertahan di situasi sulit dalam hidup.

 

 

5. Punya Standar Kebahagiaan Sendiri

Maksudnya adalah kamu tahu cara untuk membuat dirimu sendiri bahagia. Sehingga ketika segalanya terasa berat, kamu tahu langkah atau strategi yang tepat untuk membuat suasana hatimu jadi lebih baik lagi. Makin tinggi rasa syukur yang kamu hadirkan untuk hidupmu saat ini, kamu akan makin kuat karena kebahagiaan dalam diri ikut menguat. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Dengan kata lain, tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya.

Terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga sekarang, ya. Tetaplah jadi perempuan yang kuat dan tegar jalani hidup ini.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading