Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Makin Bahagia Seiring Bertambahnya Usia

Fimela.com, Jakarta Pertambahan usia semestinya perlu disyukuri. Walau ada sejumlah perubahan yang membuat hidup kita tak seperti sebelumnya, tetapi kita masih punya banyak kesempatan untuk memiliki hidup yang lebih bahagia. Kini, saatnya untuk menyambut perjalanan hidup dengan sudut pandang baru yang lebih positif.

Hidup kita bisa makin baik dan bahagia seiring bertambahnya usia. Berikut ini lima tanda umum yang bisa memprediksikan kebahagiaan yang lebih melimpah di perjalanan hidupmu yang selanjutnya. Selengkapnya, langsung simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Lebih Terbuka Menerima Perubahan

Selalu ada kesempatan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik seiring bertambahnya usia. Saat dirimu sudah lebih terbuka menerima perubahan, kamu tidak gampang merasa stres atau tertekan dalam menjalani hidup. Kamu pun jadi lebih mudah menghadirkan kebahagiaan sebab berbagai hal baru dan berbeda makin memperkaya jiwa.

2. Punya Kepuasan Batin Sendiri

Kamu menekuni bidang pekerjaan atau sesuatu sesuai dengan minatmu. Walau tak mudah dalam mengerjakan atau menekuninya, tetapi selama kamu masih bisa memiliki kepuasan batin maka kamu akan senantiasa mendapatkan kebahagiaan. Kepuasan batin selalu menjadi fondasi kuat untuk membuatmu bertahan melewati proses panjang untuk membuat sebuah pencapaian.

 

3. Tidak Memaksa Diri Memenuhi Semua Ekspektasi

Makin banyaknya pengalaman hidup membuatmu makin menyadari bahwa tak semua ekspektasi orang lain perlu atau harus dipenuhi. Sungguh melelahkan jika kita memaksa diri untuk menyenangkan hati semua orang. Bukan berarti kita adalah orang yang egois dan tak peduli kata orang. Namun, kita bisa lebih bijak dalam membagi prioritas hidup agar tidak gampang stres atau tertekan sendiri.

4. Punya Mekanisme Pertahanan Mengatasi Stres

Mengutip buku How to Love, manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Tiap individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri yang merupakan kebiasaan yang sudah berlangsung lama. Sebagai contoh, ada yang memilih menenangkan diri dengan menyendiri sebagai bentuk pertahanan agar tetap kuat jalani hidup. Ada juga yang butuh teman bicara untuk bisa meringankan perasaan. Saat kita sudah tahu cara mengelola stres dengan baik, maka kita akan lebih mudah menemukan kebahagiaan seiring bertambahnya usia.

5. Mampu Menyaring Kata Orang

Kamu tahu mana nasihat dan saran yang membangun untuk kualitas hidup yang lebih baik. Kamu juga tahu ucapan dan perkataan seperti apa yang tak perlu dipedulikan. Kemampuan menyaring kata orang tentang hidup kita akan memudahkan untuk fokus menemukan dan menciptakan kebahagiaan kita sendiri.

Itu tadi lima bukti versi Fimela yang bisa menjadi pertanda kualitas hidupmu punya peluang besar untuk lebih baik seiring bertambahnya usia. Tetap semangat ya jalani hari ini dan seterusnya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading