Sukses

Lifestyle

5 Bukti Ada Hati Bahagia di Balik Hidupmu yang Sederhana

Fimela.com, Jakarta Untuk bahagia ada banyak cara yang bisa dipilih. Kita punya hak dan kebebasan untuk memiliki standar bahagia kita sendiri. Salah satunya adalah dengan memilih hidup gaya hidup tertentu.

Kita bebas memilih gaya hidup kita sendiri. Kali ini yang akan kita bahas adalah gaya hidup sederhana. Kita bisa memiliki hati bahagia di balik gaya hidup yang sederhana. Bahkan bagi yang saat ini sedang menjalani hidup sederhana, ada hati yang sebenarnya sudah dipenuhi dengan kebahagiaan.

 

 

1. Tidak Tertekan untuk Memiliki Segalanya

Mengutip buku Seni Hidup Minimalis, menemukan cara untuk "mencintai tanpa memiliki" sesuatu adalah salah satu kunci bagi kehidupan minimalis. "Menerapkan hidup minimalis berarti melawan keinginan untuk menghadirkan tiruan dunia luar di dalam rumah kita sendiri," tulis Francine Jay dalam buku tersebut. Saat kita memilih hidup sederhana dan memiliki hal-hal sesuai kebutuhan, hidup bisa lebih tenang tanpa tertekan berlebihan, dan ini bisa membuat kita bahagia.

 

 

2. Mudah Bersyukur untuk Setiap Hal

Senantiasa bersyukur membuat kita lebih menghargai hidup. Kita pun jadi lebih bijak dalam memaknai setiap anugerah dan rezeki yang ada. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Dengan kata lain, tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya. Kesederhanaan membuat kita lebih mudah mensyukuri banyak hal sederhana juga, dan ini mendatangkan kebahagiaan sendiri.

 

 

3. Bisa Menyayangi Diri Apa Adanya

Pada dasarnya, semua perangkat kebahagiaan itu ada dan selalu ada dalam diri setiap manusia. Jadi, langkah awalnya sebenarnya tak perlu banyak "modal", yaitu cukup dengan menerima diri seutuhnya. Kesederhanaan memudahkan kita untuk mengenal diri kita dengan lebih utuh tanpa harus terus menerus membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

 

 

4. Bisa Mengapresiasi Setiap Pengalaman Hidup

Pengalaman yang kita punya bisa memberi kebahagiaan yang lebih langgeng daripada sekadar punya suatu benda atau objek tertentu. Setiap pengalaman yang kita peroleh senantiasa memperkaya jiwa. Jiwa yang kaya pun membuat kita merasa lebih mudah bahagia. Bahkan gaya hidup sederhana memudahkan kita untuk mencoba banyak hal baru sebab kita tak terikat oleh objek atau materi semata.

 

 

5. Senantiasa Suka Memberi

Kita akan ikut bahagia saat melihat orang lain bahagia. Dari sini kita pun suka membuat orang lain bahagia sehingga tak segan untuk berbagi dan memberi. Hidup pun jadi terasa lebih indah dan bahagia ketika kita masih bisa berbagi pada orang lain meski lewat hal-hal sederhana.

Semoga hidupmu bisa lebih berwarna dan bahagia lagi, ya. Terima kasih sudah menjalani hidup dengan baik.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading