Sukses

Lifestyle

5 Bukti Masih Ada Harapan Perbaiki Hidup yang Berantakan

Fimela.com, Jakarta Saat berada di titik hidup yang rasanya berantakan, kadang kita ingin menyerah saja. Rasanya tak punya keinginan atau semangat untuk tetap melangkah ke depan. Namun, hidup yang saat ini terasa berantakan bukan berarti akhir dari segalanya.

Selalu ada harapan untuk memperbaiki hidup yang rasanya berantakan. Bahkan meski saat ini kita berada di titik terendah dalam hidup, yakini saja akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Saatnya untuk lebih optimis jalani hidup dan memperbaiki hidup jadi lebih baik lagi. Berikut ini lima tanda sebenarnya kita semua punya kesempatan untuk memiliki hidup yang lebih baik.

 

1. Bisa Berlapang Dada Menerima Perubahan

Mengutip buku The Comfort Book, "Untuk merasakan harapan, kita tidak perlu berada dalam situasi yang luar biasa menyenangkan. Kita hanya harus paham bahwa segala sesuatu berubah. Harapan tersedia bagi semua orang. Kita tidak perlu menyangkal kenyataan yang ada hanya untuk merasa memiliki harapan, hanya perlu mengetahui bahwa masa depan itu tidak pasti, dan bahwa hidup terdiri atas cahaya dan juga kegelapan." Saat kita bisa menerima kenyataan bahwa perubahan dalam hidup tak bisa dihindari, kita akan lebih mudah menyesuaikan diri untuk bertahan di situasi-situasi baru.

2. Punya Rutinitas yang Produktif

Hidup saat ini mungkin masih berantakan, tapi bisa jadi ini sebenarnya adalah proses untuk menuju situasi yang lebih baik lagi. Saat kita masih punya rutinitas untuk dijalani dengan semangat dan produktivitas tinggi, maka masih ada harapan untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Menjaga rutinitas dan kebiasaan baik bisa menjadi cara efektif untuk merawat diri dengan baik. "Dengan mempraktikkan kegiatan rutin, emosi negatif akan tersingkir, dan keteguhan hati bisa pulih," tulis Fumio Sasaki dalam bukunya, Hello, Habits.

 

 

3. Ada Tujuan Hidup yang Kuat

Tujuan hidup bisa jadi penguat untuk bertahan di situasi-situasi sulit. Saat masih punya tujuan hidup yang dipegang atau ingin dicapai, maka akan selalu ada harapan untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Hidup yang terasa berantakan tak ubahnya fase yang perlu dilewati untuk menjadi lebih dewasa dan bijak dalam menjalani hidup.

 

 

4. Bisa Mengelola Stres dengan Baik

Stres dan tekanan hidup tak selamanya bisa dihindari. Ketika tak bisa menghindarinya, maka kita perlu mengelolanya agar kondisi mental kita tetap stabil. Saat kita masih punya kemampuan mengelola stres dengan baik, maka kita masih berjalan dan memperbaiki situasi yang ada jadi lebih baik lagi. Hidup yang kini terasa berantakan menuntut lebih banyak perhatian kita, dan saat kita bisa mengelola prioritas sesuai kebutuhan maka masih ada harapan untuk menuju hidup yang lebih indah.

 

 

5. Mampu Melihat Sisi Baik Segala Sesuatu

Dalam menjalani hidup ini, kita dihadapkan pada berbagai situasi dan kondisi yang membuat kita tidak nyaman. Namun, begitulah hidup. Di sejumlah momen atau titik hidup, kita akan dihadapkan pada hal-hal berantakan dan tak menyenangkan. Selama kita masih bisa melihat sisi baik segala sesuatu dan mengambil hikmah dari setiap pengalaman, maka kita punya kesempatan untuk memperbaiki hidup kita.

Yuk, jalani hidup dengan sebaik mungkin. Walau rasanya saat ini masih berantakan, yakinlah ke depannya masih ada hal-hal baik yang bisa kita hadirkan dan rasakan dalam hidup kita.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading