Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri setelah Mengalami Penolakan

Fimela.com, Jakarta Mengalami penolakan bisa membuat hidup rasanya hancur berkeping-keping. Seperti ketika perasaan kita pada seseorang yang kita suka ternyata ditolak olehnya, harga diri pun rasanya bisa ikut tercoreng. Merasa sedih pun adalah hal yang wajar saat mengalami penolakan.

Hanya saja jangan sampai kita terpuruk dalam kesedihan terlalu lama. Penolakan memang menyakitkan, tetapi kita perlu berusaha untuk tetap kuat dan tegar kembali dalam proses untuk memulihkan diri sendiri. Berikut ini sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba untuk tegarkan diri setelah mengalami penolakan.

 

 

1. Beri Diri Kesempatan untuk Bersedih Secukupnya

Bila ingin bisa segera berdamai dengan penolakan, kita perlu menerima kenyataan tersebut. Beri diri waktu untuk bersedih secukupnya. Mungkin ada rasa marah dan penyangkalan juga yang menyertainya, tapi agar hati bisa terasa lebih baik kita perlu berdamai dengan realitas yang ada. Ibarat ada endapan di dalam segelas air yang harus dikeluarkan, kita perlu membuang endapan tersebut sebelum mengisinya dengan air baru yang lebih jernih.

 

 

 

 

 

2. Gerakkan Tubuh

Penolakan yang kita alami bisa memengaruhi kondisi fisiologis. Detak jantung kita mungkin akan meningkat, muncul rasa mual karena gelisah, atau keringat bercucuran karena rasa takut. Untuk mengelolanya kita bisa coba menggerakkan tubuh. Bisa dengan melakukan olahraga ringan atau sekadar melatih pernapasan untuk tenangkan diri. Buat badan terasa nyaman dan rawat diri lebih baik lagi agar bisa mendapatkan kekuatan baru untuk melangkah ke depan.

 

 

3. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Menghadapi penolakan sudah cukup berat, jangan ditambah dengan makin menyalahkan diri sendiri. Sebab dirimu sedang butuh ruang yang lebih banyak untuk memulihkan diri. Saat perasaanmu ditolak oleh seseorang, bukan berarti kamu jadi pihak yang bersalah. Justru apresiasi dirimu yang sudah berani melakukannya. Keberanian yang telah kamu tunjukkan itu perlu diapresiasi.

 

 

 

 

4. Tingkatkan Harga Diri

Mencintai diri sendiri menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan harga diri. Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita mencintai diri sendiri maka hidup akan menjadi lebih mudah. Kita merasa seperti ada yang menemani meskipun berjalan sendirian. Penolakan bisa membuat kita merasa terasing. Di sini kita perlu memperkuat kasih pada diri sendiri, sebab pihak yang paling perlu dikuatkan saat ini adalah diri sendiri.

5. Ambil Hikmah dari Kejadian yang Berlalu

Cukup petik hikmah dari kejadian penolakan yang dialami. Setidaknya jangan sampai menyimpan dendam atau rasa kesal berlebihan dengan penolakan yang terjadi. Jadikan saja pelajaran dan pengalaman. Setelah itu, fokus dengan masa kini dan lakukan hal yang lebih baik untuk masa depan dengan harapan yang lebih baik pula.

Semoga pengalaman penolakan yang kamu bisa membuatmu jadi lebih dewasa lagi, ya. Terima kasih sudah bertahan hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading