Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri saat Merasa Hidupmu Tak Mengalami Kemajuan

Fimela.com, Jakarta Sudah berusaha dan berjuang keras melakukan yang terbaik dalam hidup, tapi rasanya tak ada kemajuan atau perkembangan yang berarti? Kadang kita memang akan dihadapkan pada fase yang membuat kita merasa capek dan lelah luar biasa. Hidup yang terasa stagnan pun membuat kita kehilangan harapan untuk terus melangkah ke depan.

Menyikapi hidup yang "gini-gini aja", harus bagaimana? Bagi dirimu yang kini butuh semangat untuk bangkit dan kuat lagi, berikut ini lima cara yang bisa dicoba agar bisa tetap tegar menjalani hidup. Dengan harapan ke depannya kamu bisa menemukan hal-hal yang lebih baik dan indah lagi dari setiap perjuangan yang telah kamu lakukan.

 

 

1. Ingat Lagi Tujuan Memulai Sesuatu

Bila kita sudah terlalu lelah untuk kembali melanjutkan perjalanan, coba ingat lagi tujuan awal kenapa dulu kita memulainya. Bisa melangkah dan bertahan hingga sampai ke titik ini pun sudah menjadi pencapaian luar biasa tersendiri. Dengan mengingat tujuan awal kita, kita bisa lebih mengapresiasi perjalanan dan perjuangan kita.

 

 

2. Izinkan Diri untuk Rehat

Mungkin kita merasa hidup kita stagnan karena ada banyak hal yang harus diatur dan diurus bersamaan. Maka, agar suasana hati bisa lebih baik kita perlu rehat lebih dulu. Kita bisa rehat dan kesibukan yang ada. Lalu, menata ulang prioritas dan rencana-rencana yang kita punya.

 

 

3. Bersikap Realistis

Sekarang kita mungkin memang harus berlelah-lelah dahulu. Merasakan capeknya mendaki satu demi satu anak tangga untuk menggapai sesuatu yang besar. Saat ini kita merasa belum ada kemajuan karena kita sedang mengumpulkan kekuatan dan sedang berjuang untuk bertahan. Bersikap realistis bahwa semua hal besar baru bisa diwujudkan melalui proses perjuangan yang panjang bisa membuat kita tetap memiliki semangat jalani hidup dengan sebaik-baiknya.

 

 

4. Kurangi Mengeluh Berlebihan

Menguraikan rasa capek dan kesal bisa dilakukan seperlunya. Tapi jangan sampai mengeluh berlebihan dan mengutuk keadaan karena nanti akan membuat kita makin terpurk dalam kesedihan. Mengutip buku Happiness Inside, komplain dan kebahagiaan seperti terang dan gelap, keduanya tidak mungkin hadir berbarengan. Ketika komplain hadir, kebahagiaan bisa menghilang dan memudar. Kalau mau menghadirkan lebih banyak rasa nyaman di hati, maka perbanyak saja rasa syukur.

 

 

5. Lakukan Satu Hal Termudah

Saat merasa capek dan ingin menyerah, istirahatlah secukupnya. Setelah itu, cobalah untuk kembali bangkit dan melangkah. Caranya bisa dengan melakukan satu hal termudah lebih dulu. Sebuah hal sederhana bisa kita lakukan atau selesaikan untuk menghadirkan secercah kebahagiaan baru untuk diri kita.

Semoga setiap usaha dan kerja keras yang kita lakukan bisa berbuah manis, ya. Hidup yang terasa tak ada kemajuan ini bisa jadi menghadirkan fase untuk membuatmu bisa lebih kuat bertahan di berbagai keadaan yang akan datang.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading