Sukses

Lifestyle

Ini 4 Ciri Wanita Cerdas dan Mandiri, Apakah Kamu Salah Satunya?

Fimela.com, Jakarta Memiliki sifat cerdas dan mandiri menjadi salah satu poin penting yang harus dimiliki setiap wanita. Umumnya wanita memiliki sifat dan karakteristik masing-masing, begitu juga dengan potensi dan kapasitas dirinya. Namun tidak semua wanita sadar akan potensi yang dimiliki sehingga membuat mereka tidak dapat mengembangkan diri secara maksimal.

Dilansir dari guardian.ng wanita cerdas dan mandiri tahu apa yang dirasakan, sehingga ia menjalani hidup berdasarkan nilai-nilainya sendiri. Wanita yang memiliki sifat ini juga tidak hanya dilihat dari apa yang dimiliki, melainkan bagaimana cara ia bertindak dan memperlakukan orang lain dengan baik. Oleh karena itu, inilah 4 ciri wanita cerdas dan mandiri yang dirangkum oleh Fimela:

1. Percaya diri

Memiliki rasa percaya diri merupakan satu hal positif yang baik untuk diri, biasanya banyak wanita cenderung tidak percaya diri (insecure) atas kekurangan pada dirinya. Misalnya, ketika ada yang lebih cantik dan pintar pasti wanita langsung merasa insecure karena karena merasa kurang. 

Ini merupakan hal sifat yang salah, bagi wanita yang cerdas dan mandiri percaya pada diri sendiri merupakan tanda cinta bahwa ia mencintai dirinya, dengan percaya diri wanita akan lebih bahagia karena tidak pusing untuk membandingkan dirinya dengan orang lain.

Menjadi percaya diri adalah hal yang menguntungkan bagi diri sendiri, biasanya wanita yang percaya diri lebih mandiri karena ia dapat bekerja lebih keras dengan memberikan kepercayaan diri kepada orang lain hingga membuat percaya diri menjadi pencapaian pribadi.

2. Tidak mendengarkan perkataan negatif dari orang lain

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda dalam dirinya, ada yang suka memberikan perkataan baik dan adanya juga yang suka memberikan perkataan jahat. Namun, seorang wanita yang cerdas dan mandiri dapat mengatasi mengabaikan perkataan negatif dari orang lain karena ia tidak mau dirinya pusing atas perkataan tersebut. 

Tidak semua wanita mampu mengabaikan perkataan negatif dari orang lain, perlu adanya proses untuk menciptakan hal positif dalam diri kita. Dengan mengabaikan segala perkataan negatif membuat kita lebih kuat menghadapi hal negatif yang mungkin dibawa orang lain ke dalam kehidupan kita. 

3. Selalu optimis, positif, dan tidak menyusahkan orang lain

Wanita yang cerdas biasanya memiliki cara untuk mewujudkan mimpinya. Bayangan akan peluang besar di masa depan dapat terwujud karena pikiran sifatnya yang memiliki pikiran kreatif dan kritis untuk mengejar impian. 

Sifat optimis dan positif dari wanita ini mampu membawa mereka melewati berbagai proses dan rintangan dalam membangun masa depan. Mereka tidak ragu untuk menolak bantuan dari orang lain karena mereka paham akan kapasitas diri serta tidak ingin membuat orang lain susah.

4. Teguh pada diri sendiri

Ciri yang terakhir adalah teguh pada diri sendiri. Biasanya wanita yang memiliki sifat cerdas dan mandiri sepenuhnya percaya dan bangga akan diri sendiri, mereka tidak perlu mengubah diri untuk menyenangkan orang lain atau sekadar mendapatkan banyak teman. Wanita dengan sifat ini akan menunjukkan bahwa mereka nyaman dengan kehidupan yang telah diberikan, sehingga mereka sangat menghargai diri dengan mencintai dan merawat diri senyaman mungkin. 

Cara menjadi wanita cerdas dan mandiri

1. Belajar menikmati waktu sendiri

Menikmati waktu sendiri atau me time sangat jarang dilakukan oleh wanita karena dengan melakukan hal tersebut mereka akan merasa kesepian sehingga mereka terkadang mengajak teman untuk hangout.

Namun, sebenarnya melakukan me time merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Untuk menjadi wanita cerdas dan mandiri, kita harus belajar untuk menikmati waktu sendiri karena melalui kegiatan tersebut kita dapat merefleksikan diri dan  melupakan sejenak masalah yang kita sedang hadapi. 

2. Mampu Mengelola Keuangan

Wanita dikenal dengan makhluk yang suka belanja, mereka bisa menghabiskan waktu seharian hanya untuk mencari satu kebutuhan. Meski begitu, untuk menjadi wanita yang cerdas dan mandiri kita harus dapat memahami kondisi keuangan terlebih dahulu. Kita juga harus bisa mengelola keuangan dengan membedakan mana kebutuhan dan keinginan.   

Selain itu, ada baiknya untuk menyisihkan uang sebagai dana darurat atau tabungan untuk memenuhi kebutuhan, serta mewujudkan keinginan atau mimpi kita di masa depan. 

3. Mengetahui kelemahan dan kelebihan diri

Mengetahui kelemahan dan kelebihan merupakan salah satu langkah dari refleksi diri. Terkadang, karena terlalu fokus mencari kekurangan diri membuat kita tidak bisa melihat kelebihan yang ada dalam diri kita.

Seringkali kita membandingkan diri dengan orang lain, hingga sulit untuk menerima kekurangan diri. Nyatanya, mengakui kekurangan diri bukanlah hal yang buruk, sebaliknya dengan mengakui membuat kita dapat memahami dan mengenal diri lebih dalam. 

Jika kita tidak dapat melakukan suatu hal, itu bisa jadi salah satu kelemahan diri kita. Namun, untuk mengatasinya kita perlu mencari solusi untuk meningkatkan potensi diri dengan merubah kelemahan menjadi kelebihan. 

4. Prioritaskan diri terlebih dahulu

Tanpa disadari banyak wanita yang suka memprioritaskan kebahagiaan orang lain dibanding kebahagiaannya sendiri. Seharusnya, kebahagiaan diri merupakan prioritas yang utama, kita tidak bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain. 

Selain itu, untuk menjadi wanita yang cerdas dan mandiri sahabat Fimela harus berani bilang tidak untuk hal yang dapat menghambat kegiatan kita. Janganlah takut untuk keluar dari lingkungan yang tidak suportif karena dengan begitu kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa ada beban dari orang lain. 

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading