Sukses

Lifestyle

5 Tanda Jiwamu Makin Kuat setelah Melewati Masa Berat

Fimela.com, Jakarta Masa berat dalam hidup kadang tak bisa dihindari. Sehingga cara terbijak menyikapinya adalah dengan menghadapinya. Sebab masa berat yang kita lalui bisa membantu jiwa kita untuk bisa makin kuat dan tangguh lagi.

Saatnya untuk lebih optimistis dan semangat jalani hidup dengan memperkuat keyakinan bahwa dirimu akan makin kuat lagi di masa mendatang. Masalah, ujian, dan cobaan hidup yang hadir pada dasarnya akan menempamu menjadi pribadi lebih kuat lagi. Berikut ini lima tanda dirimu akan makin kuat setelah melewati masa berat.

 

 

1. Berdamai dengan Perubahan

Perubahan akan selalu mewarnai hidup kita. Perubahan usia, perubahan perilaku orang-orang di sekitar kita, hingga perubahan yang terjadi di dalam diri sendiri. Setiap masalah pun menghadirkan perubahan baru. Kita perlu menerima semua perubahan yang ada agar dengan demikian kita selalu bisa menemukan kekuatan untuk bisa terus melangkah ke depan.

 

 

2. Tidak Terus Menerus Mengeluh

"Ketika komplain hadir kebahagiaan menghilang, sedangkan penerimaan dan kebahagiaan adalah saudara kembar yang kerap hadir bersama-sama," tulis Gobind Vashdev dalam buku Happiness Inside. Menjalani hidup yang kadang dipenuhi masalah dan persoalan bisa membuat kita ingin terus mengeluh. Namun, kebanyakan mengeluh tak akan menyelesaikan apa pun. Untuk itu, ketika kita sudah tidak lagi banyak mengeluh lalu menggantinya dengan lebih banyak syukur, rasa kebahagiaan akan hadir dan ini bisa membuat jiwa kita lebih kuat lagi.

 

 

3. Masih Menekuni Hal yang Disukai

Masa berat dan berbagai ujian yang hadir akan menempa mental kita jadi makin kuat. Walau tak mudah, tapi selama kita masih bisa menekuni hal yang kita sukai, kita punya kemampuan untuk kuat bertahan menjalani hidup. Bahkan melakukan sesuatu yang disukai bisa bantu menyalakan motivasi hidup. Sebab, seperti yang dikutip dari laman Positivity Blog, saat kita sangat suka melakukan sesuatu maka motivasi untuk melakukannya umumnya bisa datang secara otomatis.

 

4. Bisa Mengambil Pelajaran dari Tiap Persoalan

Kita bisa menganggap masa berat yang sedang kita hadapi saat ini adalah fase untuk bertumbuh dan berkembang. Mengutip buku Your Turn: How to Be an Adult, Profesor Carlon Dweck dalam risetnya tentang growth mindset (pola pikir berkembang) memaparkan pentingnya untuk fokus pada upaya yang kita lakukan, alih-alih pada mengejar kesempurnaan semata. Saat kita bisa fokus pada pelajaran yang bisa dipetik dari tiap persoalan, maka kita bisa senantiasa berkembang dan bertumbuh jadi pribadi yang lebih baik.

5. Punya Kemampuan Mengelola Stres

Tiap individu punya cara sendiri dalam mengelola stres dan tekanan. Mengutip buku How to Love, manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Tiap individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri. Saat kamu sudah tahu atau punya cara terbaik untuk mengelola dan meredakan stres, maka kamu bisa melewati setiap masa berat dengan lebih baik.

Semoga apa pun masa berat yang sedang kamu jalani saat ini bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih kuat lagi ke depannya, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading