Sukses

Lifestyle

8 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Agar Tidak Lemot

Fimela.com, Jakarta Bagi seseorang memiliki kecerdasan merupakan satu anugerah yang besar yang dimiliki. Kecerdasan bukanlah sifat yang telah ditetapkan sejak lahir, melainkan kemampuan yang dapat diubah dengan belajar untuk merangsang otak. Kecerdasan dapat meningkat seiring dengan waktu, kunci untuk meningkatkan kecerdasan otak agar tidak lemot adalah dengan  terus melatih otak agar cepat tanggap.

Ilmuwan terkenal dunia, Albert Einstein pun pernah mengatakan “Seseorang seharusnya tidak mengejar tujuan yang mudah dicapai. Seseorang harus mengembangkan naluri untuk apa yang hampir tidak dapat dicapai melalui upaya terbesarnya”. Oleh karena itu, sejatinya setiap manusia memiliki kecerdasan, namun harus dilatih terlebih dahulu agar dapat meningkat.

Dilansir dari healthline.com kecerdasan umum seseorang ditentukan oleh dua faktor yaitu:

  • Crystallized Intelligence

Kecerdasan mengkristal merupakan kemampuan seseorang dalam menerapkan kosakata, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki. Biasanya Crystallized Intelligence ini dapat meningkat seiring dengan bertambahnya usia. 

  • Fluid Intelligence

Kecerdasan cair merupakan kemampuan seseorang untuk bernalar dan berpikir secara abstrak. Kemampuan ini membuat seseorang dapat memiliki kreativitas yang besar serta mampu memecahkan teka-teki pada puncak usia 20-an. Akan tetapi, kemampuan ini dapat menurun akibat berbagai penyakit seperti kerusakan otak hingga gangguan mental.

Berikut merupakan 10 cara untuk meningkatkan kecerdasan otak agar tidak lemot.

1. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan fungsi otak, hal ini terjadi karena olahraga yang dilakukan setiap hari dapat mendorong pertumbuhan neuron yang dapat meningkatkan struktur dan fungsi otak. 

Adapun olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak seperti:

  • Jogging
  • Yoga
  • Basket
  • Hiking

2. Bermain Sudoku

Untuk meningkatkan kecerdasan otak, sahabat Fimela dapat melakukannya dengan bermain sudoku. Melansir dari verywellmind.com sudoku merupakan permainan penempatan angka yang mengandalkan ingatan jangka pendek. Jenis permainan ini dapat meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi meskipun dalam angka yang pendek. 

3. Bermain Teka Teki Silang (TTS)

Teka teki silang merupakan permainan yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat.  Terkadang permainan ini sering dimainkan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan kebosanan, namun apakah sahabat Fimela tahu bahwa permainan ini dapat meningkatkan kecerdasan otak?

Nyatanya permainan yang dulunya berbentuk buku ini memiliki segudang manfaat seperti mempertajam ingatan karena saat mengisi teka teki silang otak kita dipaksa untuk berpikir dan menganalisis, sehingga otak mau tidak mau harus bekerja. 

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dapat meningkatkan kecerdasan otak secara optimal. Dengan tidur otak menggabungkan ingatan yang telah dibuat sepanjang hari, sehingga meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari informasi baru ketika bangun tidur. 

Sebuah studi 2019 menemukan bahwa tidur yang cukup merupakan hal yang penting karena jika seseorang memiliki waktu tidur yang kurang dapat memengaruhi memori kerja otak.

5. Lakukan Meditasi

Cara lain untuk meningkatkan kecerdasan otak adalah dengan melakukan meditasi. Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2019 ditemukan hasil meditasi berhubungan dengan fungsi otak dan memori kerja otak, sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa efek kognitif yang terjadi disebabkan oleh emosional saat bermeditasi. 

Meditasi memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak seperti meningkatnya kemampuan fokus, memori kerja otak, hingga kecemasan dan suasana hati yang baik setelah melakukan meditasi. 

6. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Sebelum meningkatkan kecerdasan otak, sahabat Fimela perlu meningkatkan kecerdasan otak terlebih dahulu dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi untuk mendukung fungsi otak. Makanan yang bergizi merupakan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, flavonoid, dan vitamin K. 

  • Asam lemak omega 3

Makanan yang mengandung nutrisi asam lemak omega 3 dapat dijumpai pada ikan,  kerang, rumput laut, hingga alpukat. 

  • Flavonoid 

Flavonoid merupakan senyawa dari tanaman yang dapat meningkatkan memori kerja otak. Makanan yang mengandung flavonoid seperti berry, teh, kedelai, dan biji coklat.

  • Vitamin K

Vitamin k dapat berperan dalam kinerja sel otak dan kognitif. Vitamin K seringkali dijumpai pada sayuran hijau seperti kubis dan bayam. 

7. Memainkan Alat Musik

Bermain alat musik tidak hanya memberikan kesenangan, melainkan dapat meningkatkan kecerdasan otak sahabat Fimela karena dengan memainkan alat musik membantu untuk meningkatkan fungsi kognitif dan syaraf otak. 

8. Membaca

Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2013 ditemukan bahwa membaca dapat meningkatkan kecerdasan otak karena membaca dapat merangsang setiap bagian otak untuk terkoneksi pada bagian saraf untuk mendapatkan sebuah pemahaman. Selain itu, dengan membaca kecerdasan otak dapat meningkat serta memberikan manfaat jangka panjang. 

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

What's On Fimela
Loading