Sukses

Lifestyle

5 Ciri untuk Membuktikan Seseorang Memiliki Kecerdasan Sosial

Fimela.com, Jakarta Memiliki kecerdasan sosial merupakan suatu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Namun, apa sih yang dimaksud dengan kecerdasan sosial? Kecerdasan sosial merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan aktivitas sosial seperti berinteraksi hingga bekerja sama dengan orang lain. 

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui kecerdasan sosial yang kita miliki? Berikut 5 ciri yang dapat membuktikan bahwa sahabat Fimela memiliki kecerdasan sosial.

 

1. Dapat menjadi pendengar yang baik

Tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik, biasanya ini terjadi karena fokusnya terbagi ke satu dan lain hal serta harus siap ketika ditagih solusi. 

Dikutip dari nytimes.com, CEO Be Alive Media, Michael Mathieu mengatakan ketika sedang melakukan percakapan dengan seseorang, kita tidak akan mendapatkan nuansa percakapan jika kita melakukan terlalu banyak hal. 

Oleh karena itu, jika sahabat Fimela suka dan mampu menjadi pendengar baik dapat menjadi tanda memiliki kecerdasan sosial yang tinggi. 

2. Memiliki rasa empati yang tinggi

Seseorang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi biasanya sering mengamati orang-orang sekitarnya. Dengan kemampuan yang dimiliki ini mereka biasanya menjadi orang yang lebih peduli dengan lingkungan sekitar, sehingga sudah terlatih dalam memberikan respon dan mengendalikan emosi yang dimiliki.

 

3. Tidak suka berdebat

Orang yang memiliki kecerdasan sosial memiliki pemikiran yang terbuka. Dalam berinteraksi biasanya mereka tidak suka memaksakan kehendak untuk menjadi yang paling benar. Meski tidak setuju, mereka tidak langsung menolak ide atau pendapat yang dikemukakan oleh lawan bicaranya. Sebaliknya, mereka cenderung paham bahwa berdebat atau menyudutkan orang lain bukanlah solusi tepat untuk menyelesaikan masalah.

4. Mampu menempatkan diri dengan baik

Seseorang dengan kecerdasan sosial yang tinggi biasanya tahu bagaimana cara untuk menempatkan diri di lingkungan yang berbeda. Meskipun, berada di lingkungan yang baru mereka tidak akan kesulitan dalam beradaptasi dan berinteraksi. Selain itu, biasanya mereka menjadi orang siap siaga untuk mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan pribadi. 

 

5. Peka terhadap lingkungan sekitar 

Tidak semua orang memiliki perasaan peka, karena saat ini orang-orang sibuk dengan urusan pribadi tanpa mempedulikan orang lain. Sering kali peka terhadap orang lain dianggap sepele karena sudah sewajarnya orang melakukan tersebut.

Nyatanya, memiliki perasaan peka merupakan suatu hal yang penting, dengan peka kita dapat menjadi lebih peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.

 

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading