Sukses

Lifestyle

Sering Merasa Bersalah, Ini 7 Tips Memaafkan Diri Sendiri dan Melupakan Kesalahan Masa Lalu

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela menyakiti seseorang yang kamu cintai karena keputusan yang salah? Apakah kamu disiksa oleh rasa bersalah karena kesalahan yang telah kamu lakukan? Selain rasa sakit karena kehilangan kepercayaan dari orang-orang yang penting bagimu dan penilaian yang diberikan orang lain kepadamu, mungkin kamu juga menderita rasa bersalah dan penyesalan.

Ya, setiap kesalahan memiliki konsekuensi dan kamu harus menghadapinya. Namun, ketahuilah bahwa, seperti orang lain, kamu berhak mendapatkan kesempatan kedua dalam hidup. Ada lebih banyak untukmu daripada kegagalanmu.

Ketika kamu merasa bersalah dengan beberapa kesalahanmu di masa lalu, beberapa cara ini dapat membantumu untuk memaafkan diri sendiri dan move on dari masa lalu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Lewati masa sulit itu

Berhenti menyalahkan diri sendiri. Apa yang dilakukan sudah selesai, jadi permainan menyalahkan tidak ada gunanya. Itu sudah terjadi, dan menghukum diri sendiri tidak akan mengubah apa pun.

2. Istirahat

Tidak apa-apa untuk istirahat dari keributan. Biarkan dirimu beristirahat dengan pergi ke tempat lain selama beberapa hari atau minggu. Jika memungkinkan saat pergi, jangan periksa media sosial dan putuskan segala bentuk komunikasi yang akan membuat para pengganggu menghubungimu.

3. Mintalah pengampunan dari Tuhan

Sebesar apapun kesalahanmu, Tuhan itu setia dan adil dalam mengampuni mereka yang sungguh-sungguh bertobat dan memohon pengampunan.

4. Bersikaplah rendah hati untuk meminta maaf kepada orang yang kamu sakiti

Apakah mereka memaafkanmu atau tidak, hadapi mereka dengan berani dan minta maaf dengan tulus. Terima apa pun yang mereka katakan.

5. Berhenti mengingat kesalahanmu

Merenungkan kegagalanmu hanya akan menyebabkan depresi. Berhenti memikirkan apa yang terjadi. Berubahlah menjadi sosok yang lebih baik dari masa lalumu.

6. Fokuskan perhatianmu pada hal-hal yang produktif

Agar pikiranmu tidak memikirkan masa lalu, berkonsentrasilah pada pekerjaan, studi, atau aktivitas apa pun yang produktif.

7. Temukan kekuatan dalam dukungan keluarga dan teman-temanmu

Jadilah kuat untuk mereka yang terus bertahan denganmu meskipun apa yang terjadi. Biarkan keluarga dan temanmu menghiburmu.

Ketika kamu ingin dimaafkan dari orang-orang yang mungkin pernah kamu sakiti, ada baiknya kamu meminta maaf secara langsung. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading