Sukses

Lifestyle

4 Langkah Simpel Memasang Kancing Baju Sehingga Terpasang Rapi dan Kuat

Fimela.com, Jakarta Kancing baju merupakan elemen pakaian yang memiliki banyak fungsi. Mulai dari fungsi dasar untuk menutup dan mengencangkan bagian terbuka pakaian, hingga fungsi sebagai aksesoris pelengkap yang menghiasi pakaian. Bahkan dengan menggunakan kancing,  bisa mengubah fungsi jenis baju atau kemeja tertentu dengan trik-trik yang memanfaatkan kancing.

Terkadang masalah muncul ketika kancing pakaian longgar atau lepas sama sekali sehingga membuat pakaian tidak rapi. Karena itu, keterampilan untuk memasangkan kancing ke baju adalah hal sederhana yang sangat berguna. Memasangkan kancing ke pakaian sendiri bukanlah hal yang sulit, asalkan Sahabat Fimela melakukannya dengan tepat.

Apabila telah menguasai keterampilan ini, Sahabat Fimela bisa memasangkan kancing baju dengan leluasa baik untuk memperbaiki kancing yang longgar atau menambahkan kancing di baju sebagai aksesori di pakaian. Beberapa orang mungkin berpikir keterampilan ini terkesan girly, nyatanya skill ini berguna baik untuk perempuan atau pria.

Simak cara memasang kancing baju yang tepat yang telah Fimela kutip dari beberapa sumber berikut!

Alat-Alat yang Dibutuhkan

Ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk memasang kancing ke pakaian yang ingin Sahabat Fimela beri kancing. Berikut beberapa alat yang dibutuhkan yang dikutip dari situs Art of Manliness:

1. Jarum

Jarum dasar apapun bisa digunakan, namun makin tipis jarumnya makin baik.

2. Benang

Umumnya Sahabat Fimela akan butuh benang sepanjang 60 cm. Pilihlah warna benang yang sesuai dengan warna pakaian atau setidaknya masih dalam tone yang senada dengan pakaian. Namun,  memilih warna netral seperti hitam atau dongker juga cocok untuk semua warna pakaian.

3. Kancing

Utama tentu saja kancing. Jika Sahabat Fimela bertujuan untuk memperbaiki kancing yang longgar maka tetap pakai kancing aslinya. Namun, jika kancing asli hilang, usahakan menggunakan kancing yang mirip. Sementara jika bertujuan untuk memberi aksesoris untuk kancing pilih kancing yang sesuai keinginan dan tentunya cocok dengan pakaian yang akan diberi kancing.

4. Gunting dan sentimeter pengukur

Tentu saja dibutuhkan alat tajam untuk memotong benang dan sentimeter pengukur digunakan untuk mengukur jarak yang tepat antar kancing.

Tahapan Menjahit Kancing

Berikut langkah-langkah memasang kancing ke baju yang dikutip dari The Guardian:

1. Posisikan kancing dengan tepat

Temukan posisi kancing yang benar. Saat mengganti kancing yang terlepas, Sahabat Fimela  biasanya dapat melihat di mana seharusnya dengan mencari jejak jahitan aslinya. Jika ada tanda posisi semula yang hilang, gunakan senti pengukur untuk memeriksa jarak antara setiap kancing.

2. Masukan benang ke lubang jarum

Masukkan benang ke lubang jarum, dan ikat kedua ujungnya menjadi satu simpul sehingga tali benang tidak lepas dari kain. Benang yang digunakan tergantung kebutuhan, namun biasanya benang sepanjang 60 cm cukup.

Cara membuat simpul yaitu pegang jarum dan ujung benang, kemudian gulung ujung benang ke jarum setelah tiga hingga lima kali gulungan. Terakhir tarik gulungan di jarum ke arah tali benang, tarik hingga ke ujung benang, dan voila terbuatlah simpul yang kuat. Jahit dari dalam kain dan lakukan beberapa jahitan kecil di tempat untuk mengamankan benang.

3. Proses menjahit

Mulailah menjahit melalui lubang kancing. Jika kancing yang digunakan bertipe dua lubang, maka terus naik melalui satu lubang dan turun melalui lubang berikutnya. Jika memakai kancing empat lubang, maka pastikan melakukan jahitan di sisa kancing dengan dua jahitan paralel atau dua jahitan diagonal yang membuat salib.

Jahit melalui setiap lubang sekitar empat atau lima kali untuk kancing baju dan sekitar enam hingga delapan kali untuk kancing mantel. Jika telah selesai tutup jahitan dengan simpul yang mengunci jahitan dengan kuat.

4. Cara mengikat simpul akhir

Ikat simpul longgar di benang lalu masukkan jarum dan dorong simpul ke bawah sehingga rata dengan kain, kencangkan saat menarik benang. Lepaskan jarum dan potong benang tidak lebih pendek dari 1 cm dari simpul.

Tips Memasang Kancing ke Pakaian Tebal

Apabila Sahabat Fimela ingin memasangkan kancing di pakaian berbahan tebal seperti mantel, pastikan mantel memiliki cukup ruang di bawahnya agar hasilnya maksimal dan tidak mengerut. Untuk  melakukannya, ikuti metode yang sama seperti di atas tetapi, kali ini Sahabat Fimela akan butuh tusuk gigi untuk mempermudah prosesnya.

Pegang tusuk gigi  di atas kancing dan jahit di atasnya. Kemudian lepaskan tusuk gigi sebelum melilitkan benang di sekitar jahitan. Saat Anda membungkus benang, angkat kancing dari kain untuk membuat sedikit ruang. Ini akan memberi Anda ruang yang cukup agar kain pas dengan nyaman di bawahnya.

*Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading