Sukses

Lifestyle

5 Cara Memiliki Hati yang Bahagia sebagai Perempuan Dewasa

Fimela.com, Jakarta Hati yang bahagia merupakan salah satu hal yang paling kita inginkan dalam hidup. Saat hati diselimuti rasa bahagia, hidup rasanya jadi lebih berwarna. Memang dalam hidup kita masih akan dihadapkan pada kesedihan, kegagalan, dan berbagai rasa tak nyaman. Namun, kita selalu bisa berusaha memiliki hidup yang seimbang dengan menghadirkan hati yang bahagia.

Kali ini, kita akan membahas lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk menghadirkan hati yang bahagia dalam hidup sebagai perempuan dewasa. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Lepaskan Harapan akan Kesempurnaan

Mengutip buku Merawat Luka Batin, untuk mendapatkan kebahagiaan, kadang kita perlu belajar melepaskan sesuatu, yaitu harapan akan kesempurnaan. Ada rumus sederhana kebahagiaan, yaitu kebahagiaan adalah harapan dikurangi realitas. Seberapa fleksibel kita menyikapi harapan dan realitas bisa membantu kita untuk lebih mudah bahagia. Saat harapan kita fleksibel, kita tidak akan terlalu menderita menghadapi realitas.

 

 

2. Kurangi Kebiasaan Membandingkan Diri

Begitu mudah kita membandingkan diri kita dengan orang lain melalui media sosial. Padahal yang ditampilkan oleh orang lain di publik hanya kepingan atau sebagian hal dari kehidupannya. Selain itu, kita juga tak pernah tahu perjuangan dan perjalanan orang lain dalam membuat pencapaian hidupnya. Maka dari itu, ada baiknya kita memiliki standar bahagia kita sendiri lalu fokus untuk meraihnya. Mengurangi kebiasaan membandingkan diri bantu meningkatkan level kebahagiaan diri.

 

3. Tidak Memaksa Orang Lain Berubah

Memaksa orang lain berubah sesuai standar atau keinginan pribadi kita adalah hal yang sulit. Malah kita bisa makin dikecewakan saat memaksakan kehendak kita kepada orang lain. Mengutip buku The Comfort Book, "Diri kita adalah diri kita. Kita tidak punya kendali atas orang lain. Kita tidak punya kendali mutlak terhadap apa yang mereka pikirkan mengenai dunia atau politik atau tentang diri kita." Kita tak bisa mengatur respons orang lain terhadap hal-hal yang kita lakukan. Yang bisa kita lakukan adalah mengatur dan menata response kita sendiri terhadap hal-hal yang kita alami atau dapatkan.

4. Menekuni Hal yang Disukai

Ada pekerjaan yang ditekuni sesuai minat dan kemampuan. Ada hobi yang dilakukan untuk membantu pikiran lebih rileks. Atau ada hal baru yang dipelajari untuk hadirkan semangat hidup yang baru. Menekuni hal yang disukai bisa membuat kita lebih mudah merasa bahagia. Sebab ada kepuasan batin yang bisa kita dapatkan, dan ini bisa jadi sumber kebahagiaan tersendiri bagi kita.

5. Ambil Hal Baik dari Setiap Kejadian

Hidup ini tak selalu menawarkan keindahan atau kenyamanan. Ada kalanya kita akan dihadapkan pada berbagai macam cobaan dan ujian. Maka dari itu, kita perlu lebih terbuka menerima setiap kejadian yang ada. Lalu, kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian untuk membantu menempa mental kita jadi lebih kuat lagi. Kebahagiaan bisa hadir saat kita meyakini bahwa selalu ada hal baik yang bisa dipeptik dari setiap kejadian dan pengalaman hidup yang hadir.

Semoga ke depannya kita bisa merangkai hidup yang bahagi dan lebih indah lagi, ya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik hingga sekarang.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading