Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Dianugerahi Hati yang Luar Biasa Tegar

Fimela.com, Jakarta Jika ada yang bilang bahwa dirimu punya hati yang tegar, apakah kamu akan percaya? Mungkin selama ini kamu menganggap dirimu biasa saja atau hidupmu terasa datar, tapi bisa jadi sebenarnya ada hati yang luar biasa tegar di dalam dirimu yang membantu bisa bertahan melewati masa-masa sulit. Dengan hati yang tegar, kamu bisa senantiasa bangkit dari keterpurukan dan bisa menjaga semangat hidup tetap menyala setiap waktu.

Seseorang yang berhati tegar bisa memiliki sejumlah karakteristik. Berikut ini lima hal yang bisa jadi pertanda bahwa ada hati yang tegar dan kuat di dalam dirimu. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Menghargai Hidup yang Kompleks

Kamu menyadari bahwa hidup ini bisa menyajikan berbagai pengalaman. Suka-duka, bahagia-lara, dan menyenangkan-menyedihkan, semua hal itu bisa mewarnai hidup. Saat kamu bisa menerima kenyataan bahwa hidup sangat kompleks, maka kamu tak lagi memandang dunia serba hitam putih. Mengutip buku Merawat Luka Batin, pemikiran hitam dan putih membagi semua pengalaman menjadi dua kutub ekstrem, tidak ada jalan tengah: jika bukan benar berarti salah, jika bukan baik berarti buruk, jika bukan putih berarti hitam. Ketika kamu bisa menghargai hidup yang kompleks dan tidak lagi berpikiran serba hitam putih, maka kamu punya hati yang teguh dan kuat hadapi berbagai persoalan hidup.

 

 

 

 

2. Bersemangat Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Ada sebuah istilah menarik dari Selandia Baru terkait resep bahagia masyarakat di sana. Mengutip buku The Atlas of Happiness, ada istilah "turangawaewae" yang berarti di mana kita merasa diberdayakan dan memiliki ikatan: di mana kita merasa memiliki identitas, kebebasan, dan perasaan memiliki. Saat kita bisa menjadi pribadi yang bermanfaat dan berada di tempat kita merasa bisa diberdayakan, kita bisa mendapat kepuasan batin. Hal ini pun bisa membantu kita jadi pribadi yang kuat dan tegar karena ada semangat hidup yang terus menyala di dalamd iri.

3. Meyakini Ada Kelapangan di Tiap Kesempitan

Kamu punya keyakinan dalam diri bahwa selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Kamu juga meyakini selalu ada kelapangan setelah kesempitan. Walau kadang kamu merasa berada di jalan buntu, kamu tetap berusaha bersabar dan bertahan. Keteguhan dan kekuatan ini menjadi pertanda ada hati yang luar biasa kuat di dalam dirimu dalam menjalani hidup.

 

 

 

 

4. Ada Fokus Jalani Masa Kini Sebaik Mungkin

Saat kamu sudah fokus jalani masa kini sebaik mungkin, kamu tak akan merasa gampang gelisah atau cemas lagi. Hati pun bisa lebih tenang. Melansir laman Inc, dengan memfokuskan kesadaran diri pada masa kini, dengan tenang menyadari dan menerima perasaan serta pikiran kita, kita bisa mendapatkan kebebasan dan membebaskan diri dari rasa gelisah. Memiliki kemampuan fokus pada masa kini juga bisa jadi pertanda hadirnya hati yang kuat di dalam diri.

5. Terbuka Menghadapi Ketidakpastian Hidup

Tugas manusia adalah berusaha sebaik mungkin dalam hidup. Untuk hasilnya, ada ketidakpastian yang perlu kita terima apa pun itu. Mengutip buku Apa yang kita Pikirkan ketika Kita Sendirian terkait ketidakpastian, "Tidak ada yang benar-benar hitam atau putih, tetapi semuanya merupakan bauran warna yang saling menyatu." Hidup ini penuh dengan ketidakpastian, dan kita perlu menerimanya dengan lapang dada. Saat memiliki kemampuan berdamai dengan ketidakpastian hidup, ada hati yang tangguh di dalam diri kita.

Ujian dan masalah hidup bisa datang silih berganti tanpa pernah bisa kita prediksi. Namun, selama kita bisa senantiasa menjaga ketegaran diri, apa pun persoalan yang kita hadapi pasti menghadirkan kebaikan di dalam hidup kita.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading