Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatur Keuangan di Tengah Kenaikan Harga

Fimela.com, Jakarta Mengatur keuangan memang hal yang tidak mudah. Apalagi ditengah kenaikan harga yang mengharuskan kita menaikkan budget pengeluaran. Khawatir terhadap kenaikan harga dan melambungnya pengeluaran biaya hidup bukan berarti harus memotong setiap pengeluaran untuk kebutuhan utama seperti makanan, tempat tinggal, dan lainnya.

Berapapun penghasilan yang dimiliki, bila tidak dibarengi dengan cerdas dalam mengatur keuangan akan sia-sia. Anggaran yang baik dapat memberi manfaat untuk kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Dilansir dari Forbes, berikut cara mengatur keuangan ditengah kenaikan harga yang dapat dicoba.

1. Membuat, Menggunakan, dan Membatasi Anggaran

Banyak orang tidak membuat anggaran pengeluaran karena dirasa tidak penting dan sulit untuk dilakukan. Padahal berbelanja tanpa membuat batasan pengeluaran akan membuatmu mengeluarkan lebih banyak uang tanpa disadari. Bila sulit mengendalikan diri, memberi limit pada kartu kredit akan membantu menekan pengeluaranmu agar tidak melebihi budget.

2. Urutkan Prioritas Pembelian

Setelah membuat budget, buatlah daftar pengeluaran dari yang paling dibutuhkan hingga yang tidak begitu diperlukan. Melansir dari Mindbodygreen, mencatat keperluan akan memudahkanmu untuk memotong hal yang tidak diperlukan. List harus diawali dengan prioritas, dengan begitu uang yang dimiliki dapat digunakan untuk keperluan yang sangat dibutuhkan.

3. Membuat Catatan Pengeluaran

Dilansir dari The Balance, mencatat semua pengeluaran setiap harinya ternyata sangat membantu untuk menekan pengeluaran tidak penting. Seringkali orang berbelanja karena ‘lapar mata’. Mencatat pengeluaran tiap hari akan membantumu mengetahui ke mana uangmu pergi dan hal apa yang sangat memakan pengeluaran. Hal ini sangat membantu untuk memangkas pengeluaran tak terduga. Bila uang yang digunakan lebih sedikit dari anggaran yang ditetapkan, sisa uang tersebut dapat ditabung, digunakan untuk hiburan, atau berinvestasi.

4. Berhenti Berlangganan dan Potong Biaya yang Tidak Perlu

Mungkin banyak orang berlangganan berbagai aplikasi sekaligus yang belum tentu selalu digunakan. Behenti berlangganan pada hal yang tidak diperlukan akan membantu memangkas pengeluaran bulanan. Dengan begitu uang yang tersisa dapat ditabung atau digunakan untuk hal yang lebih penting.

5. Belanja Sesuai Kebutuhan

Membeli kebutuhan pangan adalah hal wajib dalam list berbelanja. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat budget ketika berbelanja kebutuhan makanan, antara lain:

  • Berbelanja di pasar tradisional, karena harga pada pasar tradisional cenderung lebih murah daripada di pasar swalayan
  • Tukar item bermerek dengan produk generik yang memiliki harga lebih rendah
  • Beli dalam jumlah besar. Biasanya pembelanjaan dalam jumlah besar akan memberi banyak potongan harga yang membantu menghemat pengeluaran.

Kenaikan harga dapat membuat pengeluaran rumah tangga membengkak. Mengatur keuangan dengan baik adalah cara terbaik agar uang dapat digunakan dengan cerdas.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

What's On Fimela
Loading