Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Hidup yang Paling Terasa saat Masuk Usia 30

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 30 tahun, ada sejumlah perubahan hidup yang bisa kita alami dan rasakan. Pengalaman tiap orang pastinya berbeda, begitu pula dinamika perubahan hidupnya. Kali ini, kita akan membahas lima hal yang paling umum dan paling terasa soal cara memandang kehidupan ketika memasuki usia 30 tahun.

Di antara kita pasti ada yang merasakan perubahan-perubahan ini. Bagi yang punya pengalaman berbeda pun bisa memiliki cara pandang sendiri, dan itu boleh saja. Kini, kita akan coba melihat usia 30an dengan cara berpikir yang lebih positif. Simak uraiannya di bawah ini, siapa tahu kamu pun sedang merasakannya.

1. Menyadari bahwa Kebahagiaan adalah Tanggung Jawab Pribadi

“Happiness comes from within. To be happy is to know oneself. It's not in the material things that we own, it's the love we have and show to the world.” ― Angie Karan

Kita akan makin menyadari bahwa untuk bahagia, kita perlu mengusahakannya. Kita tak bisa terus menerus bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagia. Kebahagiaan kita adalah tanggung jawab kita, dan untuk bahagia tak harus menunggu terjadi sesuatu atau hal yang luar biasa lebih dahulu. Sebab dari hal-hal sederhana pun, kita bisa menghadirkan kebahagiaan kita sendiri.

2. Makin Memahami Kalau Hidup Selalu Layak Diperjuangkan

Makin bertambah usia, masalah dan persoalan hidup bisa makin bertambah. Di usia 30an, kita pun akan dihadapkan pada ujian hidup yang baru. Meskipun begitu, kita akan makin menyadari bahwa hidup selalu layak diperjuangkan. Sebab kita hidup hanya sekali, dan selalu ada hal baik yang bisa kita dapatkan dalam perjalanan hidup.

3. Memahami Pentingnya Memiliki Hidup yang Seimbang

Di usia 30an, kondisi tubuh kita pun akan mengalami sejumlah perubahan. Menyadari bahwa kesehatan adalah hal penting yang harus selalu dijaga dengan baik, kita pun makin memahami pentingnya memiliki hidup yang seimbang. Sehingga kita jadi makin peduli dengan jadwal bekerja dan waktu untuk rehat yang cukup. Serta makin bersemangat menjaga pola makan, pola tidur, dan olahraga yang teratur.

 

4. Lebih Terbuka Menerima Perubahan-Perubahan Baru

"Growing old is mandatory, but growing up is optional!" - Walt Disney

Pertambahan usia adalah hal yang tak bisa kita cegah. Usia kita akan terus bertambah seiring waktu berjalan, dan ini menjadi hal yang sudah bisa kita sambut dengan lebih banyak senyuman di usia 30an. Dari sini, kita makin terbuka menerima dan menghadapi perubahan baru dalam hidup. Tak lagi terpuruk dalam rasa penyesalan, tetapi lebih bersemangat menyongsong masa depan dengan menjalani masa kini dengan lebih baik.

5. Makin Bijak dalam Mengatur Prioritas Hidup

Bertambahnya usia membuat kita bisa lebih bijak dalam memandang segala sesuatu. Ada hal-hal yang sudah saatnya dilepas dan direlakan. Lalu, ada hal-hal yang perlu diperjuangkan lebih keras lagi. Kita pun bisa lebih bijak dalam menata dan mengatur prioritas hidup. Sehingga, tak lagi membuang-buang waktu dan energi untuk hal-hal yang tak penting.

Kalau berdasarkan pengalaman Sahabat Fimela sendiri, perubahan apa yang paling terasa saat menginjak usia 30 tahun? Boleh lho berbagai pengalaman lainnya di sini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading