Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Dianugerahi Hati yang Mudah Bahagia

Fimela.com, Jakarta Ada paparan menarik dari buku Merawat Luka Batin terkait kebahagiaan. Kutipannya, "Setiap orang hanya perlu mengusahakan kebahagiaannya sendiri-sendiri. Setiap orang bertanggung jawab atas kebahagiaan masing-masing." Makin dewasa, kita akan makin menyadari bahwa untuk bahagia kita perlu mengusahakannya sendiri.

Bahkan bisa jadi selama ini kita sudah punya hati yang sebenarnya mudah bahagia. Hanya saja kita belum cukup peka menyadarinya. Berikut ini lima tanda bahwa sebenarnya dirimu bisa mudah merasakan dan mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

 

 

 

1. Bisa Bersyukur Kapan Saja

Saat dirimu masih mau dan bisa bersyukur, hatimu akan lebih mudah bahagia. Tak harus menunggu terjadi hal besar atau hal hebat untuk bersyukur. Mensyukuri hal-hal sederhana yang ada sudah bisa hadirkan kebahagiaan tersendiri. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Makin banyak bersyukur, makin banyak peluang diri untuk merasakan kebahagiaan.

 

 

2. Bisa Fleksibel dalam Meletakkan Harapan

Kita memang tak bisa selalu sempurna dalam mengerjakan segala hal. Tak semua hal yang kita inginkan bisa terwujud nyata. Ada kenyataan yang bahkan jauh dari harapan. Saat kita bisa lebih fleksibel dalam meletakkan harapan, maka kita bisa lebih mudah bahagia. Sebab kita tak mudah stres atau tertekan ketika ada hal yang terjadi di luar harapan, sebab kita bisa lebih mudah menerima realitas yang ada.

 

 

 

 

3. Bisa Mengurangi Kebiasaan Membanding-bandingkan

Saat ini mudah sekali bagi kita untuk membanding-bandingkan hidup sendiri dengan hidup orang lain. Padahal yang kita bandingkan belum tentu setara. Tiap orang juga punya perjalanan dan perjuangannya masing-masing. Saat sudah bisa mengurangi kebiasaan membanding-bandingkan, maka kita bisa lebih mudah bahagia sebab kita jadi lebih fokus jalani hidup kita sendiri dengan kesadaran penuh. Tak lagi menghabiskan waktu dan energi untuk membuat perbandingan yang tak berguna.

4. Bisa Mengambil Hikmah dari Kejadian Tak Menyenangkan

Salah satu ciri orang yang mampu mengatasi stres dengan baik adalah bisa mengubah pengalaman yang tidak menyenangkan menjadi sesuatu yang bermakna. Dengan kemampuan mengelola stres yang baik, hati kita bisa lebih mudah merasa bahagia. Sebab dari setiap hal atau kejadian tak menyenangkan, kita senantiasa bisa mengambil hikmah atau pelajaran penting. Tidak lagi gampang frustrasi memaksa situasi harus selalu keinginan pribadi lagi.

 

 

5. Bisa Terbiasa Mandiri dalam Beraktivitas

Memang ada saatnya kita butuh bantuan orang lain dalam melakukan sesuatu. Ada kalanya kita juga perlu bersosialisasi dengan banyak orang. Saat itu bisa kita imbangi dengan membiasakan diri untuk mandiri dalam beraktivitas, maka kita bisa lebih mudah bahagia. Berlibur sendirian atau nonton bioskop sendirian pun bisa membuat kita bahagia tanpa harus selalu ditemani atau beramai-ramai, dan ini jelas memudahkan kita untuk menemukan kenyamanan dalam diri.

Yuk, temukan dan hadirkan kebahagiaan dalam hidupmu. Semoga ke depannya kita bisa menjalani hidup dengan hati yang bahagia, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading