Sukses

Lifestyle

5 Ciri Perempuan yang Punya Hati Kuat dan Tegar

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, ada hal-hal yang perlu kita selesaikan sendiri. Saat tak ada orang lain yang bisa membantu, kita perlu mengandalkan diri sendiri untuk setidaknya bisa bertahan melalui masa sulit yang ada. Di sini, kita pun membutuhkan hati yang kuat dan tegar untuk bisa tetap berjuang.

Selama ini mungkin kita belum cukup menyadari kelebihan atau kekuatan dalam diri. Selama ini bisa jadi kita sudah punya hati yang kuat dan tegar, hanya saja belum cukup menyadarinya. Umumnya, perempuan berhati kuat punya ciri-ciri ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Bisa Mempraktikkan Dikotomi Kendali

Memahami dan bisa mempraktikkan konsep dikotomi kendali bisa memudahkan kita untuk bertahan melewati masa sulit. Dikotomi kendali adalah pembagian hal dalam hidup terbagi menjadi dua hal, yaitu: yang berada di bawah kendali diri dan di luar kendali diri. Mengutip buku Filosofi Teras, dalam realitas kehidupan yang kita jalani ini ada hal-hal yang bisa dikendalikan dan ada yang tidak. Saat kita sudah bisa memberikan respons yang tepat atas setiap realitas yang kita hadapi, maka hati yang kuat dan tegar bisa terbentuk dengan sendirinya.

 

 

2. Memiliki Gaya Berpikir yang Adaptif

Ada banyak gaya berpikir yang bisa kita miliki dan ikuti untuk menjalani hidup dengan kuat. Salah satunya adalah gaya berpikir yang adaptif. Mengutip buku Merawat Luka Batin, gaya berpikir yang adaptif bertujuan untuk menerima kesulitan dan memungkinkan kita untuk menghadapi masalah dengan lebih efektif. Saat kamu bisa memiliki gaya berpikir yang adaptif, kamu bisa lebih mudah mengelola stres yang kamu rasakan tiap kali menghadapi masalah. Serta, bisa lebih fokus mencari jalan keluar terbaik tanpa terpuruk dalam kesedihan terlalu lama.

 

 

3. Mampu Merawat Diri dengan Baik

Masih bisa menjaga rutinitas dan kebiasaan sehat setiap hari bisa bantu menjaga kestabilan suasana hati kita. Saat kita masih bisa dan mampu merawat diri dengan baik, hati yang kuat dan tegar akan ikut membaik. Merawat diri juga menjadi salah satu upaya untuk menyayangi diri sendiri, sehingga diri ini bisa punya bahu yang lebih kuat ketika dihadapkan pada persoalan hidup yang rumit.

4. Bisa Berdamai dengan Ketidakpastian

Terbuka menerima ketidakpastian akan memudahkan kita untuk lebih waspada menghadapi naik turunnya hidup. Saat merasa sedih, kita tak terlalu berlebihan. Begitu pula saat merasa senang, kita merayakannya dengan secukupnya. Menyadari hidup ini penuh dengan ketidakpastian memang kadang terasa menakutkan, tetapi saat kita sudah bisa berdamai dengannya, hati kita bisa makin kuat seiring waktu berjalan.

 

 

5. Tidak Lepas Tangan dari Tanggung Jawab

Hidup ini kita jalani dengan tanggung jawab kita sendiri. Untuk hal yang tak bisa kita ubah memang perlu kita ikhlaskan. Sementara untuk hal yang masih bisa diupayakan, kita mengerjakannya sebaik mungkin dengan rasa tanggung jawab. Selama kita punya kesadaran penuh untuk menjalani hidup dengan sebaik mungkin dan berani menghadapi masalah apa pun yang menghadang, maka hati yang kuat terbentuk di dalam diri.

Itu tadi lima ciri perempuan yang kuat dan tegar versi Fimela. Bagaimana? Apakah kamu juga punya kualitas-kualitas baik seperti yang disebutkan di atas?

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading