Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Berada di Fase yang Membuatmu Makin Tegar

Fimela.com, Jakarta Sedang berada di masa sulit? Merasa berada di titik terendah dalam hidup? Perjalanan hidup memang tak selamanya baik-baik saja. Kadang kita dihadapkan pada berbagai kondisi yang membuat kita tidak baik-baik saja.

Walau sedang berada di fase yang sulit, bisa jadi justru di sini ada momen yang membuat kita bisa makin tegar. Saatnya untuk membuat diri makin kuat dan tegar lagi. Berikut ini lima tanda sebenarnya dirimu saat ini berada di fase yang pada akhirnya akan membentuk pribadimu jadi lebih tegar lagi.

 

 

 

 

 

 

1. Memilih Bertahan daripada Menyerah

“Sometimes even to live is an act of courage.”― Lucius Annaeus Seneca

Saat ini kamu memilih untuk bertahan, dan ini menjadi sebuah hal yang luar biasa. Memang sempat rasanya ingin menyerah dan putus asa saja. Namun, ketika kamu memilih bertahan sesulit apa pun situasi yang ada saat ini, maka seiring waktu berjalan nantinya jiwamu bisa lebih kuat dan tegar lagi.

2. Tidak Menyalahkan Situasi

“We each survive in our own way.”― Sarah J. Maas, Throne of Glass

Kamu menyadari masalah atau hal yang kamu hadapi saat ini tidak mudah. Namun, kamu tak memilih menyalahkan siapa pun atau apa pun. Sebab kamu menyadari bahwa semua yang terjadi adalah yang terbaik untukmu. Sehingga alih-alih mencari kambing hitam, kamu fokus untuk mengerahkan waktu dan tenaga untuk bisa mencari jalan keluar terbaik dari permasalahan yang ada.

3. Berusaha Beradaptasi Hadapi Perubahan

“It is not the strongest or the most intelligent who will survive but those who can best manage change.”― Leon C. Megginson

Masa sulit menghadirkan perubahan. Ujian, cobaan, dan masalah hidup juga menghadirkan hal yang berbeda. Saat kita bisa berupaya untuk beradaptasi hadapi perubahan yang ada, maka kita bisa makin dewasa lagi ke depannya. Sebab setiap perubahan dapat membantu kita untuk terus tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang lebih tegar.

 

 

 

 

4. Mampu Merawat Diri dengan Baik

“Somehow, even in the worst of times, the tiniest fragments of good survive. It was the grip in which one held those fragments that counted.”― Melina Marchetta, Finnikin of the Rock

Selama masih merawat diri dengan baik, selalu ada peluang kehidupanmu ke depannya akan ikut membaik. Hal yang menyulitkan dan penuh cobaan saat ini bisa menjadi tempaan untuk membuat mentalmu lebih kuat lagi. Selama ada keyakinan kehidupan masih tetap layak dirawat dan dipertahankan dengan baik, maka jiwa yang kuat akan selalu menyertaimu.

5. Bisa Mengurangi Overthinking

“Fear is a part of life. It's a warning mechanism. That's all. It tells you when there's danger around. Its job is to help you survive. Not cripple you into being unable to do it.”― Jim Butcher, Dead Beat

Rasa takut yang dirasakan saat ini sifatnya sementara. Walau kadang rasa takut yang ada memicu overthinking, tetapi selama kamu bisa mengendalikan pikiran agar tidak terjebak dalam kebiasaan overthinking maka ke depannya mentalmu bisa lebih kuat lagi. Bisa tetap memfokuskan pikiran pada hal-hal baik bisa memudahkan dan membantumu jadi pribadi yang lebih tangguh lagi ke depannya.

Semoga fase sulit yang ada saat ini bisa segera berlalu, ya. Tetaplah fokus jalani hidupmu sebaik-baiknya dan yakinlah dirimu bisa jadi pribadi yang lebih tegar seiring waktu berjalan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading