Sukses

Lifestyle

Tips Membangun Bisnis yang Wajib Diketahui Entrepreneur Muda, Biar Nggak Salah Langkah

Fimela.com, Jakarta Punya mimpi membangun bisnis sendiri dan jadi entrepreneur yang menginspirasi? Jangan hanya disimpan saja, tapi waktunya beranikan diri untuk mewujudkan keinginan tersebut. Sayangnya, nggak jarang berbagai keraguan dihadapi oleh para entrepreneur muda. Mulai dari kebingungan memilih bisnis yang akan dijalankan, hingga soal modal.

Bagi yang ingin mendapatkan insight baru, Pegadaian menghadirkan inspirasinya lewat webinar Generasi Pandai bertajuk ‘Growth Mindset to Grow Your Wealth’ yang digelar secara live streaming pada Rabu (28/09/2022). Intip lebih jauh ilmu apa saja yang bisa kamu dapatkan yuk!

Cerita Jenahara Nasution Bangun Bisnis Selama 11 Tahun

Punya brand fashion dengan label Jenahara, mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana Jena bisa mengawali bisnisnya di usia yang masih sangat muda. Kecintaannya terhadap fashion tumbuh sejak masih kecil karena kebetulan memiliki ibu yang juga seorang desainer.

“Sudah ada passion sejak berumur 3 tahun, kebetulan mama saya seorang desainer. Saya sering mengikuti kegiatan beliau, fashion show, toko jahit, toko bahan,” ungkap Jenahara.

11 tahun berhasil membesarkan label fashion sendiri jelas menjadi prestasi yang membanggakan. Ternyata, di balik kesuksesannya ada sebuah proses panjang yang pasti dilalui siapa saja saat akan mengembangkan bisnisnya sendiri. Hal pertama yang harus dilakukan oleh seseorang saat mengejar kesuksesan adalah memaksimalkan potensi diri.

“Saya bisa menjadi fashion designer karena saya punya impian. Saya percaya suatu hari bisa jadi apa yang saya mau. Tentu diperlukan kerja keras secara konsisten dan harus tahu gimana memaksimalkan potensi diri,” lanjutnya.

Jika sudah membekali diri dengan potensi yang maksimal, langkah selanjutnya adalah mulai merancang usaha apa yang akan dibuat. Jenahara pun memberikan insight lewat to do list sederhana yang perlu dilakukan saat akan membangun bisnis.

"Mulai dari tentukan jenis usaha, fokus pada 1 peluang usaha saja. Lakukan yang disukai, seperti saya yang suka fashion. Selanjutkan lakukan riset, jadi tahu marketnya seperti apa, usaha ini solusi nggak sih buat orang-orang di sekitar kita? Belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman juga penting. Jangan lupa hidup sederhana, namanya lagi merintis usaha sebisa mungkin fokus pada yang sedang dirintis. Dan jangan takut gagal karena kita bisa belajar dari kegagalan," lanjut Jenahara.

Manfaatkan Dunia Digital untuk Mendapatkan Cuan

Selain Jenahara, hadir juga Ihdina Inti Rachma, Kepala Departemen Digital Marketing & Service PT Pegadaian yang juga banyak berbagi tentang perkembangan dunia digital. Menurutnya, berkat perkembangan dunia digital yang pesat, ada banyak peluang meraih cuan tanpa membutuhkan banyak modal.

“Dari data-data yang ada, dunia digital membuat kesempatan bekerja meningkat sebanyak 1,5 kali lipat, penjualan meningkat dan produk-produk yang dihasilkan juga lebih inovatif. Akses pasar meningkat pesat dari lokal hingga internasional,” jelas Ichdina dalam sesi tersebut.

Jeli memanfaatkan peluang usaha di era digital jadi kunci kesuksesan yang membawa cuan. Misalnya saja dengan menjajal peluang usaha yang dibuka oleh Pegadaian untuk menambah penghasilan lewat program Sahabat Emas.

“Jadi, Sahabat Pegadaian bisa mengajak teman, keluarga, atau siapapun untuk melakukan transaksi produk Pegadaian menggunakan kode referralmu dan mendapatkan fee hingga Rp 10 juta,” lanjutnya.

Ada banyak produk dari Pegadaian yang bisa ditawarkan untuk teman atau keluarga bagi yang aktif mengikuti program Sahabat Emas tersebut. Seperti Produk Gadai, Pembiayaan Emas, Pembiayaan Haji, hingga Tabungan Emas. Tawarkan sesuai kondisi dan kebutuhan, maka kamu bisa mendapatkan insentif yang menambah penghasilan.

Khusus Produk Gadai, kamu bisa mendapatkan 30% dari sewa modal 15 hari pertama. Sementara itu, Pembiayaan Emas besarannya adalah 0,5% dari uang pinjaman minimal Rp 500ribu. Jika menawarkan Pembiayaan Haji, kamu bisa mendapatkan Rp 125ribu per nasabah, dan insentif yang didapatkan dari Tabungan Emas adalah Rp 15ribu. Tentu saja jangan lupa syarat dan ketentuannya, yaitu untuk nasabah baru dan nasabah yang belum punya produk.

Tertarik buat ikutan program Sahabat Emas dari Pegadaian ini? Caranya cukup ikuti beberapa langkah mudah dan praktis ini.

1. Masuk ke https://sahabatemas.pegadaian.co.id/ daftarkan diri dan dapatkan kode referral.

2. Share kode referral kepada keluarga, teman, relasi, atau siapapun.

3. Teman atau keluarga bisa menggunakan kode referral kamu di Outlet Pegadaian, Aplikasi, atau Pegadaian Syariah Digital.

4. Jika kodenya sudah digunakan, maka kamu akan menerima insentif.

Pegadaian pun berusaha memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi untuk pengguna dengan hadirnya aplikasi Pegadaian Digital. Aplikasi ini tentunya bisa membantu kebutuhan pengguna tanpa perlu repot datang langsung ke outlet.

“Pegadaian Digital memudahkan transaksi agar semua orang bisa transaksi dengan mudah dan aman karena fitur security-nya sudah advance, real time, terdaftar dan diawasi OJK,” lanjut Ichdina.

Banyak inspirasi yang dibagikan oleh para profesional dalam webinar dari Pegadaian ini. Jangan lewatkan dan gali terus ilmu lainnya lewat event-event menarik lainnya dari Pegadaian. Stay tune ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading