Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Penggunaan Gadget Terlalu Lama

Fimela.com, Jakarta Dari mengobrol, menonton dan bekerja untuk waktu yang lama di depan laptop, ponsel dan komputer. Paparan terus menerus ke layar tidak hanya memengaruhi pada sejumlah besar masalah mata saat menyesuaikan penglihatan. Ketegangan mata mengacu pada masalah terkait penglihatan yang sering kali diakibatkan oleh penggunaan gadget atau layar yang berkepanjangan.

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar yang dapat membantumu untuk mengatasi mata lelah akibat terlalu banyak menghabiskan waktu menggunakan gadget. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Istirahat Bisa Menjadi Suatu Keharusan

Melihat layar selama berjam-jam dapat dengan mudah merusak kesehatan mata. Pastikan untuk beristirahat dari layar selama 15-20 menit setiap 2 jam untuk mengurangi risiko ketegangan mata sekaligus mengurangi kemerahan dan iritasi pada mata. Tutup mata selama beberapa menit, dan sering berkedip untuk rileks dan menghilangkan stres. Memijat adalah cara lain untuk menenangkan otot-otot yang lelah. Cuci mata dengan air dingin untuk menenangkannya.

2. Aturan 20-20-20

Menonton layar ponsel atau komputer secara terus-menerus untuk waktu yang lama dapat dengan mudah melelahkan mata dan untuk menghindari situasi ini, cobalah dengan aturan 20-20-20, sesuai aturan “untuk setiap 20 menit yang dihabiskan untuk melihat layar, seseorang harus melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.” Ini adalah salah satu cara sempurna untuk memberikan mata waktu istirahat yang sangat dibutuhkan sambil mengurangi risiko masalah termasuk mata berair, penglihatan kabur dan kemerahan.

3. Perhatikan pencahayaan

Pastikan kamu selalu menyesuaikan pencahayaan saat menggunakan layar. Ruangan yang lebih terang dibandingkan dengan gadget sangat penting untuk menghindari ketegangan pada mata. Cahaya yang buruk saat bekerja dengan gadget tidak hanya dapat membuat mata tegang tetapi juga dapat menghambat penglihatanmu sekaligus meningkatkan risiko infeksi dan komplikasi mata.

4. Pilih makanan yang bergizi

Tidak ada yang lebih baik dari nutrisi internal. Asupan gizi seimbang tidak hanya mengawasi mata, tetapi juga melindungimu dari berbagai masalah kesehatan. Beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, dan Vitamin K, C, E dan A adalah nutrisi yang ramah mata dan harus menjadi bagian dari diet harianmu. Apakah menanamkan makanan seperti almond, kenari, ikan berlemak seperti tuna dan salmon dan buah-buahan dan sayuran seperti wortel, bayam, ubi jalar dan buah-buahan kaya jeruk dalam diet untuk mencegah masalah mata.

Well, tetaplah menggunakan gadget sewajarnya ya, Sahabat Fimela! Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading